Sukses

Lifestyle

Meikarta, Kota Ideal yang Bawa Harapan Jutaan Orang

Fimela.com, Jakarta Meikarta, nama tersebut tentu sudah tak asing lagi ditelingamu. Ya, sebuah kota terpadu berskala internasional ini mendapat apresiasi dari berbagai media besar Eropa dan Amerika seperti Reuters, Bloomberg, Financial Times, Nasdaq, Dow Jones, Der Spiegel, dan Business Insider, di mana mereka mengulas tentang Meikarta dan menyebut bahwa ada ribuan perusahaan multinasional yang akan membanjiri Indonesia dan dua juta pekerja akan ditampung di sana. 

Media-media ternama tersebut percaya, gedung-gedung pencakar langit di Meikarta akan menjadi pusat kendali dan administrasi perusahaan-perusahaan yang datang dari berbagai belahan bumi. Menurut mereka, tinggal tunggu beberapa tahun saja bagi Meikarta untuk mejadi sebuah central business district (CBD) paling strategis di Indonesia.

Dalam perhitungan Lippo Group, keberadaan Meikarta disebut akan mempercepat kehadiran sekitar 4.000 perusahaan di Cikarang. Tak hanya itu, selain Meikarta, perusahaan-perusahaan tersebut juga mengincar Lippo City Cikarang.

Bicara soal kehadiran banyak perusahaan, kini sudah ada lebih seribu perusahaan industri manufaktur yang beroperasi di Lippo City Cikarang dan sekitar 60 persen di antaranya berasal dari Jepang seperti Mitsubishi dan Toyota.

Inilah alasan mengapa Kota Modern, Jakarta Baru, Meikarta jadi rebutan dan incaran para investor.

Secara keseluruhan, setiap tahunnya tujuh kawasan di sekitar Meikarta memproduksi sekitar satu juta mobil dan 10 juta kendaraan bermotor roda dua. Nggak cuma itu industri elektronik, suku cadang otomotif, farmasi, peralatan rumah tangga dan lain lain juga ikut berproduksi di sana. 

Percepatan Pembangunan Meikarta

Peluang merealisasikan percepatan pembangunan Meikarta kini memang terbuka lebar. Pemerintah juga telah memutuskan untuk bekerja habis-habisan membabat jalur birokrasi yang sudah lama menjadi penghambat investasi. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah menyatakan bahwa paket-paket deregulasi ekonomi akan digulirkan oleh pemerintah secara terus menerus.

Saat ini sudah 16 paket deregulasi digulirkan, dan pemerintah belum menjelaskan sampai berapa paket lagi akan menyusul. Presiden hanya menyatakan, deregulasi akan terus digulirkan sampai Indonesia menjadi negara papan atas dalam peringkat Kemudahan Berbinis (Ease of Doing Business), yang setiap tahun dirilis oleh Bank Dunia.

Peluang merealisasikan percepatan pembangunan Meikarta terbuka lebar.

Kemudian yang tak kalah penting adalah kenyataan bahwa tahun ini Standar & Poor juga telah memasukkan Indonesia dalam peringkat BBB-investment grade dengan outlook stabil. Ini tentu saja membuat para investor lebih bergairah untuk berkiprah di Indonesia, khususnya di Meikarta.

Meikarta sendiri memang dirancang untuk memperlancar pertumbuhan ekonomi nasional yang kini menguasai separuh produk domestik bruto (PDB) ASEAN. Sejak 2010, Bank Dunia pun menyebut bahwa perekonomian Indonesia telah masuk peringkat 10 terbesar di dunia.

Kota Mandiri Baru Meikarta yang dikembangkan Lippo Group berhasil mencatatkan penjualan lebih dari 120.000 unit apartemen.

Terkait Meikarta, CEO Lippo Group James Riady menyebut bahwa kota terpadu berskala Internasional tersebut memiliki masa depan perekonomian yang cerah, “Cerahnya masa depan Meikarta juga disebabkan oleh lokasinya yang berada di jantung perekonomian nasional,” katanya, yang mengacu pada koridor Jakarta-Botabek-Bandung dimana 60 perekonomian nasional dihasilkan. Berdasarkan data-data statitik yang ada, sekitar 70 persen dari pekonomian koridor ini dihasilkan di Bekasi.

Akses Transportasi Mudah di Meikarta

Meikarta dikelilingi oleh beberapa kota mandiri baru seperti Cikarang, Jababeka, dan MM2100, plus kawasan industri yang menghasilan berbagai barang elektronik, suku cadang otomotif, farmasi, kimia dan lain lain. Tak lama lagi, semua kawasan ini akan dihubungkan dengan monorail yang berpusat di Meikarta.

Meikarta memiliki akses transportasi yang mudah.

Selain itu yang nggak kalah penting adalah kenyataan bahwa Meikarta berada di jalur tercepat menuju pelabuhan laut dalam Patimban dan Bandara internasional Kertajati yang beberapa tahun lagi akan mulai beroperasi. Dari Meikarta kamu pun bisa menjangkau Light Rail Transport (LRT) Cawang-Bekasi Timur-Cikarang, tol layang Jakarta-Cikampek, dan stasiun kereta cepat Jakarta-Bandung dalam hitungan menit.

Pemaparan di atas membuktikan ya kalau Meikarta lebih dari sekadar sebuah pemukiman yang ideal. Meikarta juga merupakan mesin pertumbuhan ekonomi nasional, yang membawa harapan baru bagi jutaan orang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading