Sukses

Lifestyle

5 Fakta Olaudah Equiano, Mantan Budak yang Banyak Jasa

Fimela.com, Jakarta Olaudah Equiano adalah salah satu panutan dunia, yang mana ia adalah seorang mantan budak yang juga berjuang untuk memerdekakan budak lainnya sejak tahun 1780. Ya, Olaudah yang lebih dikenal dengan nama Gustavus Vassa ini telah mengabdikan dirinya untuk manggalakkan gerakan anti perbudakan. 

Bicara tentang Olaudah Equiano, pria kelahiran Nigeria tahun 1745 ini memiliki kehidupan sangat menarik. Mau tahu apa saja? berikut ini adalah lima fakta kehidupan Olaudah Equiano yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Berjuang memerdekakan dirinya

Sebelum memperjuangkan kemerdekaan budak lain, Olaudah Equiano lebih dulu memerjuangkan kebebasan dirinya dengan mengumpulkan uang dari hasil kerja sampingannya yang kemudian ia gunakan untuk menebus dirinya.

2. Belajar membaca dan menulis

Saat dirinya dibeli oleh seorang perwira angkatan laut kerajaan Inggris, bernama Letnan Michael Pascal. Pascal yang menyukai sosok Olaudah pun mengajarkannya membaca dan menulis, sebelum akhirnya dijual ke pedagang kaya bernama Robert King.

3. Menjadi aktivis

Usai membeli kebebasannya dari Robert King, Olaudah Equiano kemudian bekerja dan menjadi aktivis pada tahun 1780-an untuk mengakhiri perbudakan.

Olaudah Equiano jadi Google Doodle hari ini. (Doc: Google)

3. Menulis Buku Populer

Bukunya yang berjudul The Interesting Narrative of Life of Olaudah Equiano menjadi karya yang sangat populer bahkan berhasil mencapai sembilan edisi saat dirinya masih hidup.

5. Meninggal dunia

Olaudah Equiano meninggal pada tahun 1797 di usia 52 tahun. Tak lama setelah ia meninggal, istrinya pun menyusul setahun setelahnya. Anak pertama Olaudah Equiano berusia empat tahun bernama Anna Maria pun meninggal setelahnya dan menyisakan si bungsu Joanna Vassa.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading