Sukses

Lifestyle

Siapa Sih S. Chandrasekhar yang Jadi Google Doodle Hari Ini?

Fimela.com, Jakarta Pasti kamu bertanya-tanya, siapa sih sosok S. Chandrasekhar yang muncul pada laman Google Doodle hari ini (19/10/2017). Ya, orang-orang yang terpampang di sana bukanlah manusia biasa dan pria bernama lengkap Subrahmanyan Chandrasekhar adalah seorang fisikiawan yang sangat mencintai matematika dan ilmu perbintangan.

Kecintaan S. Chandrasekhar pada bidang ilmu tersebut pun membawanya menelurkan sejumlah buku penting yang hingga kini masih digunkan sebagai rujukan. Buku-buku tersebut diantaranya tentang struktur dan evolusi bintang, sifat-sifat dinamis kluster dan galaksi bintang, transfer energi radiasi, hingga teori matematis lubang hitam atau black hole.

Selain buku-buku di atas, melansir laman Wikipedia, S. Chandrasekhar yang menerima gelar Ph. D dari Universitas Cambridge ini juga mengembangkan teori bintang kerdil putih yang terkenal, yang menunjukkan bahwa tekanan degenerasi mekanika kuantum tak bisa menstabilkan bintang raksasa.

S. Chandrasekhar (Sumber Foto: The Sun)

Bicara tentang S. Chandrasekhar, ternyata ia adalah keponakan dari fisikiawan Chandrasekhara Raman, peraih Nobel Fisika tahun 1930. Jadi jangan heran kalau ia memiliki prestasi yang cemerlang karena ia memang berasal dari keluarga akademisi.

Selain prestasinya yang luar biasa, S. Chandrasekhara yang meninggal di usia 84 tepatnya pada tahun 1995 juga memiliki karier yang memukau. Pada masa Perang Dunia ke II, S. Chandrasekhara bekerja sebagai pegawai di Ballistic Research Laboratory di Aberdeen Proving Ground, Maryland.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading