Sukses

Lifestyle

4 Hal yang Harus Kamu Tahu Soal Operasi Caesar

Fimela.com, Jakarta Opeerasi caesar, sering banget dipilih ibu hamil (bumil) yang sebentar lagi akan melahirkan. Dilansir dari berbagai sumber, sebagian bumil memilih caesar lantaran kondisinya memang nggak memungkinkan untuk melahirkan dengan cara normal lewat vagina. 

Kondisi ini biasanya meliputi situasi sang bayi di dalam kandungan, atau kehamilan yang nggak normal. Kadang, kalau pinggul sang ibu terlalu kecil pun, dokter akan menyarankan untuk melakukan caesar. 

Tapi, banyak orang yang justru memilih caesar meski mereka nggak mengalami masalah pada kandungannya. Mereka memilih metdode ini karena nggak mau merasa sakit saat melahirkan dengan prosesi normal. 

Padahal, caesar itu nggak berarti kamu nggak merasakan sakit, lho! Selain itu, ada banyak hal lain yang mungkin bumil belum tahu soal melahirkan dengan metode ini. 

Tetap Melibatkan Vagina

Dilansir dari Liputan6.com, caesar tetap akan melibatkan vagina. Soalnya, dokter akan memberikan cairan pembersih vagina setelah melahirkan. Soalnya, darah saat operasi biasanya bocor ke dalam vagina. Nah, pembersih ini akan membersihkan vagina dari derah tersebut. 

Kedinginan

Mungkin, kamu sering mendengar pengakuat ibu yang melahirkan dengan cara caesar. Mereka kadang merasa kedinginan, meskipun suhu ruangan tak berubah menjadi lebih dingin. Hal ini dikarenakan selama melakukan proses persalinan caesar, kamu nggak akan mengenakan baju alias setengah telanjang. Selain itu, perut dan bagian bawah tubuhmu akan mati rasa akibat obat bius. Ini yang bikin kamu bakal merasa kedinginan. 

Gemetar dan Kaki Kaku

Usai melakukan persalinan, kamu akan merasa gemetar di bagian punggung atau tulang belakang. Tapi, nggak semua ibu akan merasa seperti ini. Sebagian dari mereka justru merasa kaki yang kaki akibat obat bius. 

Susah BAB

Kamu akan merasa kesulitan untuk buang air besar atau BAB. Soalnya, kamu masih memiliki luka operasi yang bakal terasa sangat sakit saat mengedan. Solusinya, dokter atau suster akan memberikanmu obat pelunak feses sehingga BAB akan menjadi lebih mudah. 

What's On Fimela
Loading