Sukses

Lifestyle

Apa Sih Bleketepe yang Dipasang di Pernikahan Kahiyang Ayu?

Fimela.com, Jakarta Pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution yang digelar pada 8 November 2017 di Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah itu berhasil menyita perhatian publik. Rangkaian pernikahan yang kental dengan adat Jawa itu pun membuat banyak orang kepo, termasuk soal Bleketepe yang dipasang Jokowi di prosesi pernikahan anaknya.

Pasti kamu bertanya-tanya apa sih Bleketepe itu? Bleketepe adalah ayaman yang terbuat dari daun pohon kelapa yang masih hijau. Biasanya anyaman ini rata-rata berukuran 50 cm x 200 cm.

Proses pemasangan Bleketepe dan Tuwuhan (Adrian Putra/bintang.com)

Bleketepe kemudian akan di pasang di Tarub atau janur kuning yang mengelilingi area pernikahan, di mana hal ini adalah bentuk perwujudan suatu tempat penyucian di kahyangan para dewa yang dinamakan Bale Ketapi.

terkait pemasangan Bleketepe, Jokowi berharap agar Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution mendapat kemuliaan. "Harapannya agar pengantin kelak mendapat kemuliaan," kata Jokowi dalam akun Facebook-nya, Selasa (7/11/2017) lalu.

Proses pemasangan Bleketepe dan Tuwuhan (Adrian Putra/bintang.com)

Nggak cuma untuk pengantin, pemasangan Bleketepe juga diharakan bisa menyucikan semua orang yang diundang masuk ke dalam tempat tersebut. Selain itu, pemasangan Bleketepe juga ditujukan untuk menolak bala, yang mana di harapkan dapat menghindari berbagai hal jahat yang bisa merusak upacara penikahan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading