Sukses

Lifestyle

Fibroid, Teman Endometriosis yang Juga Diderita Zaskia Sungkar

Fimela.com, Jakarta Zaskia Sungkar, artis kenamaan baru-baru ini diberitakan menderita endometriosis. Diduga, hal inilah yang membuatnya sulit untuk mendapat momongan. 

Artis yang kerap disapa Kia ini pun baru saja menjalani operasi di sebuah rumah sakit di Negeri Jiran. Operasi tersebut berkaitan dengan penyakit yang dideritanya. Kabarnya, operasi ini juga merupakan bagian dari upaya untuk mendapatkan momongan. 

Namun, selain endometriosis, Kia juga dikabarkan memiliki fibroid. Endomteriosis dan fibroid memang kerap disebut-sebut sebagai penyakit saudaraan, karena kerap diderita satu orang secara bersama-sama. 

Terus, apa itu fibroid? Dilansir dari Hallo Dokter, fobroid merupakan tumor jinak di bagian atas atau di dalam otot rahim. Tumor ini bisa berkembang menjadi satu atau beberapa blok dengan ukuran yang berbeda-beda. 

Penyakit ini ternyata sudah banyak terjadi pada banyak perempuan yang sudah lanjut usia. Sebanyak 60 persen perempuan berumur 50 tahun menderita penyakit yang diderita Zaskia Sungkar ini. 

 

Nggak Ada Gejala

Ngerinya, penyakit ini pada kebanyakan cewek nggak menunjukkan gejala apa pun. Tapi, ada juga pasien yang menunjukkan gejala berupa perubahan letak dan ukuran fibroid. 

Ukuran fibroid bisa cukup besar. Sampai-sampai, banyak orang yang mengira si penderita sedang hamil. Selain itu, gejalanya juga sangat mirip dengan ibu hamil; tegang pada bagian pinggul, sering buang air kecil, nyeri saat hubungan seksual, dan juga nyeri panggul. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading