Sukses

Lifestyle

Nggak Selalu Ada Gejala, Cewek Harus Waspada 3 Penyakit Ini

Fimela.com, Jakarta Semua penyakit datang nggak secra tiba-tiba. Pasti ada tanda-tanda yang muncul. Masalahnya, kamu mungkin sering banget menganggapnya sebagai hal remeh. 

Misalnya, rasa nyeri di dada atau dada terasa sangat panas. Tapi, kamu menganggapnya hanya sebagai rasa skit biasa dan nggak cepat-cepat diobati. 

Nah, ini sebenarnya gejala yang harus kamu waspadai. Mengabaikannya justru bisa memberikan kesempatan pada si penyakit untuk menyebar atau semakin parah. 

Tapi, ada juga penyakit-penyakit yang biasanya nggak memiliki gejala. Biasanya, penyakit-penyakit ini memiliki gejala pada cowok, tapi nggak menimbulkan tanda-tanda apa pun pada cewek. 

Jantung

Kamu pernah dengar yang namanya silent heart attack? Ya, ini dia serangan jantung yang datang tiba-tiba tanpa memberkan aba-aba atau gejala. Ini memang sangat menyeramkan dan mengkhawatirkan karena kamu nggak tahu sama sekali. 

Dilansir dari Go Red for Women, penyakit ini kadang memang sama sekali nggak menunjukkan tanda. Atau, ada gejala tapi sangat kecil dan mungkin juga gejala yang dianggap sebagai penyakit biasa. 

Klamidia

Klamidia, salah satu penyakit seks menular atau STD memiliki gejala yang beragam. Antara lain, gatal pada tubuh, area vagina. Serta adanya keputihan. Kamu cuma bisa tahu apakah itu keputihan biasa atau klamidia cuma dengan melakukan tes lab. 

Tapi, ada juga beberapa pasien cewek yang sama sekali nggak menunjukkan adanya gejala! Nggak ada keputihan, rasa gatal, atau juga bau tak sedap pada area vagina. Tau-tau pas dites, hasilnya klamidia! Ih, seram! Jangan sampai terkena penyakit ini ya! 

Kanker Serviks

Knaker ganas yang sudah banyak renggut nyawa banyak penderitanya ini memang sangat berbahaya. Tentu saja, yang namanya kanker, berkembang cenderung sangat cepat.

Dilansir dari Medical Daily, kanker yang disebabkan adanya human papillomavirus (HPV) ini termasuk dalam kategori STD, lho! Seperti klamidia, HPV bisa ditularkan dari cewek atau pun cowok. 

Sayangnya, HPV ini pada cowok nggak terlalu berbahaya. Tapi kalau sudah kena cewek, bisa menjadi kanker yang sangat mematikan. 

Nah, penyakit ini kadang nggak begitu terlihat gejalanya. Makanya, cewek yang aktif melakukan hubungan seksual sangat disarankan untuk melakukan pap smear setahun sekali untuk mengontrol apakah ada perubahan pada sel-sel di leher rahim. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading