Sukses

Lifestyle

Curhat Pembaca: Gimana Caranya Atasi Rasa Cemburu?

Fimela.com, Jakarta Dari: Putu Damayanti

Hi, kak Selamat Siang

Aku Damayanti kak panggil aja Dama, aku mau tanya dong kak gimana sih caranya biar gak cemburuan ama cowokku? Gini kak, aku udah pacaran 2 thn lebih ma pacarku, dia itu orangnya terlalu ramah dan care banget sama semua orang termasuk sma cwek lain. Meskipun aku tau sih dia sama cwek itu cuma temenan aja tapi khan kalau terus"an ngebantu trus si cwek lebih tau banyak tentang dia daripada aku, ngeselin juga kak. Alhasil, aku sering curiga and cemburuan deh sama dia. Bingung juga sih gimana cara ngatasin'a, udah berusaha berpikiran positif tetep aja gk bisa kak. Ditunggu blsan'a ya kak :)

Thank you

***

Dear Dama,

Rasa cemburu ke pacar itu ada, bisa karena faktor dari luar, bisa juga dari dalam. Artinya, mungkin pacarmu memang sengaja melakukan hal-hal di luar batas yang bikin kamu cemburu, atau memang kamunya saja yang selalu berpikiran negatif terhadapnya. Sekarang, kamu harus lihat dulu, terlalu ramah dan care-nya pacarmu itu, sampai batas mana? Apakah cuma ke cewek tertentu, atau ke semua orang termasuk cewek-cewek (dan jumlahnya lebih dari satu)? 

Jika memang kamu rasa itu keterlaluan dan sudah di luar batas toleransimu, kamu harus bicarakan soal itu ke dia. Bilang padanya bahwa kamu mengerti dan tidak bermaksud membatasi pertemanannya dengan siapapun, namun kamu juga punya batas toleransi. Ada beberapa hal yang dia lakukan untuk teman ceweknya dan melebihi batas itu. Sekiranya kamu ingin merasa lebih tenang dan tidak lagi gelisah karena hal itu, bagaimana solusinya? Apa solusi yang dia tawarkan?

Perlu kamu ingat bahwa solusi itu tidak selalu berupa hal-hal yang kamu mau. Kadang kamu perlu berkompromi. Pilih jalan yang bisa memenangkan kedua belah pihak, atau yang tidak memenangkan keduanya sama sekali. Intinya, biasakan untuk membicarakan kegelisahan yang kamu rasa. Bukan cuma dalam bentuk kekesalanmu, tapi juga akar permasalahannya. Itu harus diskusikan itu dengannya. 

Kalau dia memang serius sama kamu, dia pasti mengerti dan siap mengambil langkah yang kalian sepakati bersama untuk memperbaiki keadaan itu. Semangat, Dama! Segera atasi masalah kecemburuan itu sebelum kenyamanan kalian berdua dalam hubungan tersebut menghilang, ya!

 

 

***

Punya masalah percintaan yang bikin galau? Curhatin aja! Kirim curhatanmu ke redaksi@bintang.com. Jangan lupa tulis subject emailnya: CURHAT PEMBACA BINTANG, ya. Curhatanmu akan dijawab dan kamu bisa lihat jawabannya di www.bintang.com/relationship. Ditunggu!

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading