Sukses

Lifestyle

4 Fakta Kanker Hati, Penyakit yang Diidap AM Fatwa Selama 2 Tahun

Fimela.com, Jakarta AM Fatwa, salah satu politisi senior yang tengah menjabat sebagai Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi DKI Jakarta baru saja tutup usia pada Kamis (14/12) kemarin. Sebelum meninggal dunia, AM Fatwa ternyata diketahui telah mengidap sebuah penyakit kronis, kanker hati

Pria kelahiran 1939 ini ternyata sudah cukup lama melawan penyakit ganas ini. Dilansir dari Liputan6, AM Fatwa sudah menderita kanker hati sejak 2 tahun belakangan. 

Kanker hati memang merupakan salah satu penyakti ganas yang sudah banyak merenggut banyak nyawa. Seperti kanker-kanker jenis lainnya, gejala kanker hati kerap diabaikan. Untuk mengurangi risiko besar atau keterlambatan penanganan, sebaiknya kamu simak beberapa fakta soal kanker hati yang diidap AM Fatwa sebelum meninggal dunia. 

Gejalanya Apa Saja?

Gejala yang paling utama pada pasien kanker hati adalah menguninnya kulit dan bahkan mata pagian putihnya. Selain itu, dilansir dari Mayo Clinic, berat badan turun secara drastis. Kanker hati yang parah akan membuat perut bagian atas membesar atau bengkak. 

 

Apa Penyebabnya?

Terus, apa sih, penyebab dari kanker hati ini? Tentu saja gaya hidup yang nggak sehat. Tapi, meurut Mayo Clinic, penyebab pastinya belum pernah ditemukan. Tapi, di berbagai kasus, penyebabnya memang diketahui dengan jelas. Biasanya, sebelum menjadi kanker, pasien memiliki gangguan pada livernya. Misalnya hepatitis yang kemudian menyebabkan kanker hati. 

2 Hal yang Harus Kamu Lakukan Agar Terbebas dari Kanker Hati

Mayo Clinic menulis, ada dua hal yang harus kamu lakukan agar terbebas dari kanker hati. Pertama, kurangi minum-minuman beralkohol. Buat cewek, jangan sampai lebih dari 1 gelas per hari. Sementara cowok nggak lebih dari 2 gelas per hari. 

Hati-hati Buat Kamu yang...

Ada beberapa orang yang The American Association sarankan untuk berhati-hati dan melakukan liver cancer screening. Antara lain, orang dengan Hepatitis B, Hepatitis C, hati yang tertutup lemak, dan sirosis hati. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading