Sukses

Lifestyle

Gerhana Bulan Bisa Dilihat pada 31 Januari 2018, Jangan Lupa Ya

Fimela.com, Jakarta Buat kamu yang penasaran melihat keindahan gerhana bulan total, maka kamu sangat beruntung karena pada Rabu, 31 Januari 2018 fenomena tersebut akan muncul. Jadi, jangan sampai kelewatan melihat momen yang sangat langka ini ya.

Dilansir dari Liputan6.com, gerhana bulan akan muncul dalam waktu yang nggak akan lama, yakni berlangsung mulai pukul 19.52 WIB sampai 21.08. Beruntungnya gerhana bulan tersebut dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia.

"Prosesnya, mulai pukul 18.48 WIB bagian bawah purnama mulai tergelapi oleh bayangan bumi. Kemudian pukul 19.52 WIB sampai 21.08 WIB bulan menjadi gelap kemerahan saat seluruh purnama masuk ke bayangan inti bulan. Warna merah disebabkan oleh pembiasan cahaya matahari oleh atmosfer bumi," kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin kepada Liputan6.com, Jakarta, Selasa (23/1/2018).

 

Gerhana bulan total terjadi saat bumi berada antara bulan dan matahari. Ketika itu permukaan bulan disinari oleh cahaya matahari dan saat itu semua orang dapat mengamati seluruh permukaan bulan yang menghadap ke bumi.

Thomas juga menjelaskan kalau gerhana bulan total kali ini sangat menarik lantaran fenomena alam itu memiliki beragam sebutan. Pertama yaitu Super Moon. Sebutan itu disematkan karena jarak Bulan sangat dekat dengan Bumi. Karena itu, purnama dan gerhana tampak lebih besar dari biasanya."Kemudian juga disebut Blue Moon karena ini purnama kedua pada Januari, setelah 1 Januari lalu," kata dia.

Di samping itu, gerhana bulan total juga sering disebut Blood Moon karena saat gerhana total, bulan tampak berwarna seperti merah darah. "Jadi gerhana bulan pada 31 Januari 2018 boleh disebut Super-Blue-Blood-Moon," jelas Thomas. Catat waktunya supaya kamu nggak kelupaan lihat gerhana bulan total pada akhir Januari nanti.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading