Sukses

Lifestyle

3 Tempat Wisata Seni di Jogja selain Keraton

Fimela.com, Jakarta Jogja memang gudang seni dan budaya, tetapi jika Anda seorang pencinta seni, Keraton Jogja bukan satu-satunya tempat yang bisa Anda kunjungi Kota Gudeg. Sudah banyak pula hotel di Jogja yang berdekatan dengan tempat-tempat untuk menikmati karya seni, mulai dari artefak hingga seni tari.

Ingin menambah wawasan Anda tentang dunia seni di Jogja? Berikut tiga tujuan wisata yang cukup direkomendasikan.

1. Museum Affandi

Berlokasi di tepi Sungai Gajah Wong, tepatnya di Jalan Raya Jogja-Solo, Museum Affandi merupakan gabungan antara galeri, ruang pameran, serta sanggar seni yang didirikan pertama kali oleh pelukis ternama Indonesia, Affandi. Museum ini terdiri dari tiga buah galeri, dan masing-masing memiliki daya tarik tersendiri.

Berbagai lukisan karya Affandi kebanyakan dipajang di Galeri II, tetapi ada juga koleksi lukisan dari seniman lain. Lantai pertama Galeri II berisi koleksi lukisan abstrak, sedangkan lantai kedua berisi lukisan realis. Galeri I berisi barang-barang koleksi Affandi, sedangkan Galeri III adalah gabungan antara sanggar lukis untuk anak-anak serta ruang perawatan lukisan.

2. Panggung Sendratari Gua Kiskendo

Berlokasi di daerah Kulonprogo, Gua Kiskendo merupakan lokasi rutin pertunjukan sendratari bertema hikayat Subali dan Sugriwa, sebuah cuplikan dari epos Ramayana tentang dua bersaudara sakti yang mendapat misi menyelamatkan Dewi Tara dari cengkeraman Lembusura dan Mahesasura. Pertunjukan sendratari di Gua Kiskendo ini dilakukan setiap bulan, tepatnya pada minggu ketiga, dan biasanya mulai sekitar pukul 10:00 WIB.

Sendratari yang berlangsung selama sekitar satu jam ini menampilkan gabungan antara tarian, dialog, dan adegan-adegan pertempuran yang artistik. Para pemain bahkan mengajak penonton “berpartisipasi” dengan saling melempar sayur-sayuran dari gunungan, sehingga beterbangan ke arah bangku penonton. Gabungan antara musik, kostum warna-warni, sendratari dramatis, serta panorama alam di sekitar membuat pengalaman ini menarik.

3. Jazz Mben Senen Bentara Budaya Yogyakarta

Jazz Mben Senen. (Foto: satuharapan.com)

Jazz Mben Senen adalah pertunjukan Jazz rutin yang diadakan di Bentara Budaya Yogyakarta setiap malam Selasa. Tidak seperti pertunjukan Jazz umumnya yang diadakan di tempat mewah, Jazz Mben Senen hadir dengan konsep “merakyat”. Pengunjung datang dari berbagai kalangan, dan tidak dikenakan biaya, kecuali uang sukarela yang bisa dimasukkan ke kotak sumbangan yang tersedia.

Bentara Budaya Yogyakarta berlokasi di Kota Baru. Suasananya santai dan terbuka, serta tidak dikenakan biaya (hanya sekadarnya untuk uang parkir kendaraan). Anda juga tidak perlu mengikuti dress code tertentu. Pertunjukan Jazz di tempat ini biasanya dimulai sekitar pukul 20:00 WIB.

Menikmati karya atau pertunjukan seni adalah salah satu aktivitas populer di Jogja, tetapi jangan lupa memilih hotel terbaik untuk tempat beristirahat. Jaringan Airy Rooms memiliki cabang kerja sama paling banyak di seluruh Indonesia, sehingga Anda tidak akan kesulitan menemukan penginapan yang dekat dengan tempat-tempat wisata edukasi dan seni di atas.

Nikmati waktu istirahat di sela-sela perjalanan sambil menonton TV layar datar di kamar ber-AC, dan minum air mineral botol yang tersedia gratis. Segarkan tubuh dengan pancuran air panas dan perlengkapan mandi gratis, lalu tidur di kasur yang empuk dan bersih. Hubungi teman dan keluarga atau temukan agenda perjalanan selanjutnya dengan Wi-Fi gratis di kamar. Anda bisa memesan kamar nyaman ini lewat Android atau Apple App Store, dan membayar dengan transfer bank atau kartu kredit.

Wisata seni di Jogja adalah kegiatan yang tidak boleh Anda lewatkan. Jangan lupa memesan kamar terbaik dengan harga bersaing persembahan Airy, dan nikmati perjalanan wisata paling berkesan.

 

(Adv)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading