Sukses

Lifestyle

Mending Putus, Jangan Pernah Pertahankan Hubungan karena 5 Hal Ini

Fimela.com, Jakarta Setiap orang yang menjalin hubungan dengan serius, pasti akan berusaha melakukan apapun untuk mempertahankan hubungannya. Apapun rintangan yang menghadang seakan nggak membuatnya gentar, karena tujuannya adalah bertahan. Sayangnya, kadang kala keinginan untuk bertahan itu disalahartikan.

Bertahan dalam suatu hubungan bukan berarti mengabaikan faktor lain yang sesungguhnya lebih penting. Misal, kebahagiaan diri sendiri. Biar bagaimanapun, kebahagiaan diri sendiri harus diutamakan. Kalau diri kamu sendiri nggak bahagia, bagaimana kamu bisa bahagia dalam hubunganmu?

Bertahanlah kalau memang hubungan tersebut layak dipertahankan. Jangan bertahan kalau cuma alasan-alasan seperti di bawah ini, atau mending kamu putus aja!

1. Nggak bisa sendirian

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Notavandal)

Kalau hubungan kalian memang sudah nggak layak dipertahankan, kenapa harus mengorbankan kebahagiaanmu sendiri for the sake of "nggak bisa sendirian"? Berdua tapi nggak bahagia nggak lebih baik ketimbang jomblo, lho. FYI aja, girls.

2. Takut nggak dapat yang lebih baik

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Eric Ward)

Percayalah, setiap perpisahan adalah anak tangga baru yang mengantarkanmu pada pertemuan dengan seseorang yang lebih baik. Kalau kamu stuck sama dia yang nggak membuatmu bahagia, sama artinya dengan menyia-nyiakan kesempatan bertemu dengan yang lebih baik. Jadi, soal dapat yang lebih baik atau nggak itu bisa dibilang tergantung kamu mau menyambutnya atau nggak.

3. Kasihan sama pasangan

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Jon Ly)

Yang harus kamu kasihani adalah dirimu sendiri, bukan orang lain. Kalau memang dia pasangan yang layak untukmu, dia akan berusaha menyepadankan dirinya agar kalian dapat terus bersama. Bukan malah membuat dirinya terlihat malang dan berharap kamu kasihan sehingga memilih bertahan ketimbang menyelamatkan diri sendiri.

4. Nggak enak sama keluarga

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Kalau keluargamu dan dia sudah saling mengenal lalu kalian putus, tentu saja akan ada rasa nggak enak sama keluarga. Itu nggak bisa dihindari, tapi balik lagi; yang akan menjalani itu kamu. Keluargamu juga nggak akan memaksa untuk bersamanya kalau memang kamu ngga bahagia, kan?

5. Sudah terlanjur lama

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Ya, pasti ada saja pasangan yang bertahan dengan alasan ini. Sudah berhasil bertahan sekian lama, lalu nggak bisa terima kenyataan kalau pada akhirnya kamu dan dia berjalan ke arah yang berbeda. Memang berat pada awalnya, tapi memaksakan pun mungkin akan jauh lebih berat untuk hidupmu nanti. Jadi, jangan mempertahankan hubungan yang nggak sehat cuma karena apa-apa yang sudah terlanjur, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading