Sukses

Lifestyle

Hamil Saat Datang Bulan, Kok Bisa?

Fimela.com, Jakarta Cewek normalnya mengalami menstruasi sebulan sekali. Tapi bukan berarti cewek sudah nggak punya banyak pertanyaan seputar menstruasi dan juga kehamilan. Soalnya, kedua hal ini memang berkaitan erat. 

Kalau kamu lihat di media sosial, sebenarnya banyak banget pertanyaan seputar hal iniSalah satunya, bisa nggak kamu hamil saat menstruasi? 

Buat orang awam, hal ini sangat nggak mungkin. Soalnya, kehamilan terjadi pada saat masa subur atau waktu beberapa hari sebelum dan sesudah ovulasi. 

Tapi sayangnya, nggak semua cewek memiliki siklus yang sama dan teratur. Biasanya, masa ovulasi jatuh sekitar 2 minggu sebelum kamu mens. Meskipun berhubungan, Women's Health Magazine menulis, kedua siklus ini sebenarnya berjalan sendiri-sendiri. 

Nah, soal menstruasi, nggak semua cewek mens setiap bulan. Kalau pun sebulan sekali, ada juga yang tanggalnya nggak selalu sama, atau biasa disebut dengan mens nggak teratur. 

Kalau seperti ini, pasti susah untuk menghitung hari kapan kamu akan mens, kapan masa ovulasi berlangsung. Terus, apa hubungannya sama kehamilan di masa menstruasi? Ada!

Beneran Bisa Hamil?

Jadi, menurut obgyn Taraneh Shirazian, M.D. yang dilansir dari WOmen's Health Magazine, secara teknis kamu cuma bisa hamil saat masa ovulasi. Artinya nggak bisa ketika menstruasi. Tapi, Sebagian cewek mengalami masa ovulasi di hari-hari terakhir menstruasi atau sehari setelah mens. 

Selain itu juga, sperma bisa hidup di dalam tubuh cewek sebelum sperma tertanam selama beberapa hari. Jadi, meskipun kemungkinannya kecil, kehamilan masih bisa terjadi. Jadi, hati-hati saat menghitung jendela masa subur, ya girls. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading