Sukses

Lifestyle

Kenapa Jerawat Tak Boleh Dipegang dan Dipencet?

Fimela.com, Jakarta Memiliki jerawat memang sangat menyebalkan. Bukan cuma karena mengganggu penampilan, tapi juga kamu pasti gemas ingin memecahkan setiap jerawat yang ada pada wajahmu. 

Tapi, melakukan hal ini justru malah bikin semuanya tambah parah. Bukan cuma pada jerawat biasa, tapi juga komedo, bintil, dan lainnya. 

Kamu yang komedoan pasti nggak tahan ingin mengeluarkannya menggunakan kuku. Meskipun sakit dan hidung atau pipi memerah seperti tomat, kamu seperti mendapat kepuasan tersendiri kalau memencet jerawat dan komedo. 

Padahal, melakukan hali ini justru akan menambah banyak masalah. Jangankan memencet! Sering memegang jerawat juga nggak boleh, lho! 

Apa sih, alasannya? Kenapa kamu bahkan nggak boleh pegang-pegang jerawat, apa lagi yang belum matang dan siap mengeluarkan nanah dengan sendirinya? 

Ini Akibat Memencet Jerawat

Dilansir dari salah satu media nasional, memencet jeerawat akan memaksa kotoran di dalamnya keluar. Artinya, kamu akan memaksa kulitmu robek untuk mengeluarkan kotoran tersebut. 

Nah, masalahnya lagi, kuku dan jarimu itu memiliki banyak bakteri dan kotoran. Pada saat kamu memencet jerawat, kamu sebenarnya memindahkan bakteri dari kuku dan jari ke dalam kulitmu. 

Makanya, memencet jerawat atau komedo justru bikin semuanya tambah kacau. Lebih baik kamu mendapat penanganan dari dokter kulit atau kecantikan, di mana mereka menggunakan alat yang sudah steril. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading