Sukses

Lifestyle

Kenapa Kamu Lupa Soal Mimpi Semalam?

Fimela.com, Jakarta Tidur kamu sepertinya nyenyak bnaget. Soalnya, kamu nggak mimpi apa-apa dan tubuh sangat segar saat kamu bangun tidur. Tapi, kadang juga ada kejadian aneh. Kamu ingat semalam bermimpi sesuatu. Bahkan kamu masih punya perasaan yang sama seperti di dalam mimpi. 

Entah deg-degan, takut, khawatir, atau pun senang. Tapi kamu lupa banget apa yang kamu lihat dalam mimpi. Meskipun berusaha mengingat karena penasaran, kamu tetap nggak bisa ingat. 

Padahal, untuk mimpi-mimpi yang lainnya, kamu ingat betul. Bahkan, saking jelasnya, mimpi itu kadang nyaru dengan kehidupan di dunia nyata. 

Ternyata, lupa akan mimpi semalam bisa dijelaskan secara ilmiah. Dilansir dari Scientific American, sebenarnya setiap orang cenderung lupa akan mimpinya, setelah mereka bangun tidur. 

Hal ini terjadi lantaran ada hubungannya dengan kondisi neurochemical di otak yang terjadi selama masa Rapid Eye Movements atau REM. Masa ini merupakan fase tidur di mana mata bergerak dan muncullah mimpi. Terus, apa yang sebenarnya terjadi?

Hormon Juga Ikut Andil

Lupa terhadap mimpi semalam juga ternyata dipengaruhi oleh hormon norepinephrine yang ada pada korteks serebral, bagian otak yang menyimpan memori, bahasa, dan kesadaran. 

Sebuah studi yang diterbitkan pada 2002 pada American Journal of Psychiatry juga menunjukkan hal yang sama, yaitu adanya neropinephrine memperbanyak memori pada manusia, meskipun hormon ini tak membuatmu me-recall memori tersebut. Makanya, kadang kamu lupa soal mimpi semalam. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading