Sukses

Lifestyle

3 Efek Samping Suntik Steroid Buat Cewek

Fimela.com, Jakarta Steroid, sebenanrnya merupakan hormon testosteron versi sintetis yang kerap kali disuntikkan ke dalam tubuh. Buat para cowok, steroid digunakan untuk memperbesar otot. Tapi, steroid sebenarnya juga disuntikkan pada tubuh cewek. 

Ada banyak kegunaan dari steroid. Dilansir dari Live Strong, penyuntikan steroid akan dianjurkan dokter kalau pasien mengalami keterlambatan pubertas. Kadang, steroid juga digunakan secara ilegal oleh atlet. 

Meski memiliki sejumlah manfaat pada tubuh pria, steroid akan menimbulkan banyak efek samping kalau disuntikkan ke dalam tubuh cewek. Sebelum kamu memutuskan untuk melakukan suntik ini, berikut beberapa efek samping yang akan timbul. 

1. Kemandulan dan masalah menstruasi

Cowok dan cewek keduanya memproduksi hormon testosteron. Pada tubuh cewek, hormon ini disimpan di ovarium dan jaringan lain di organ-organ sistem reproduksi. Nah, steroid disuntikkan sebagai pengganti dari testosteron. Kalau disuntikkan ke dalam tubuh kaum Hawa, akan mengubah sistem hormonal dalam tubuh. 

Seperti, cewek akan mengalami gangguan menstruasi. Pada beberapa kasus, darah mens keluar lebih sedikit atau bahkan lebih banyak. Kalau menstruasi berhenti usai suntik steroid, ada kemungkinan terjadinya kemandulan. 

 

2. Mood Swing

Steroid juga bisa memberikan efek pada emosi. Biasanya, side effect yang bakal timbul antara lain mood swing, mania, atau bahkan depresi serta anxiousness. 

 

Efek emosional ini akan muncul lebih parah pada cewek dibandingkan pada cowok. Apa lagi pada saat terjadi PMS. Selain itu, dilansir dari Mayo Clinic, orang yang ketergantungan steroid akan memiliki masalah emosi selama dan setelah penggunaan steroid. 

3. Efek pada Penyanyi

Joan Indonesian Idol baru saja dikabarkan melakukan suntik steroid. Dilansir dari Osbrone Head and Neck, para penyanyi memang sering melakukan suntik steroid. Hal ini bertujuan untuk mengobati adanya kerusakan atau gangguan pada pita suara. 

Suntik steroid bagi para penyanyi memang disebut-sebut sebagai magic pills. Namun, ada banyak fek samping yang bisa timbul. Antara lain sang penyanyi jadi nggak bisa bernyanyi dengan baik tanpa suntik steroid. Selain itu, suntik ini juga bisa memperparah vocal injury bahkan membuatnya menjadi permanen. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading