Sukses

Lifestyle

Punya Ratusan Kepribadian, Penyakit Apa yang Diidap Pelukis Ini?

Fimela.com, Jakarta Kim Noble, mungkin nampak seperti seorang nenek biasa yang ramah dan kalem. Tapi, siapa sangka kalau Kim memiliki ratusan 'teman' dalam tubuhnya. 

Kepada Guardian, Kim mengaku memiliki lebih dari 100 kepribadian. Ibu satu anak yang tinggal di London, Inggris ini memang merupakan seorang seniman ulung. Karya-karyanya unik, namun sempat 'ditolak' banyak orang. 

Tak seperti pelukis lainnya, karya Kim tak memiliki ciri khas. Padahal, orang awam dan para kurator membutuhkan seorang seniman dengan ciri khas baru dan unik. 

Namun belakangan, Ibu dari Aimee yang kini berumur 21 tahun ini baru mengetahui kalau ternyata dia memiliki begitu banyak kepribadian lain dalam dirinya. 

Kepada Vice, Kim bercerita salah satu kepribadiannya adalah Ken. Seorang pria homoseksual. Juga ada Judy, seorang gadis berumur 15 tahun. Juga ada Salamoe, penganut Katolik yang taat. 

Setiap kepribadian senang melukis. Uniknya, lukisan tiap-tiap kepribadian Kim memiliki ciri khas. Seperti Ken, yang selalu bilang ingin melukis kereta, tapi pada akhirnya nggak ada lukisan miliknya yang terlihat seperti 'ular besi.' 

Pada awalnya, Kim mengaku, cuma ada 5 kepribadian yang melukis. Tapi setelah itu, yang lain pun ikut melakukan hal yang sama. Namun punya style yang berbeda. 

Seperti Ria, salah satu kepribadian dalam dirinya, yang selalu melukis soal kekerasan namun dengan begitu banyak warna pada kanvas. Lukisannya pun cenderung terang dan jelas. 

Memiliki banyak kepribadian, apa sebenarnya gangguan Kejiwaan yang dimiliki Kim? 

Gangguan Disosiatif

Kim kemudian mengetahui kalau dirinya mengidap gangguan disosiatif atau kepribadian ganda, di mana, Vice menulis, kepribadian lain mengambil alih tubuh dan pikiran. 

Pada saat Ken atau kepribadiannya yang lain muncul, Kim tak akan ingat apa yang tadi dilakukan Ken. "Ini seperti saya tidur sambil berjalan. Orang bilang saya semalaman melukis, tapi saya nggak ingat," katanya kepada Vice. 

Gangguan ini biasanya terjadi lantaran trauma yang mendalam, juga terpecahnya kepribadian. 

Kim dulu, pada tahun 2011, memiliki ratusan kepribadian berbeda dalam dirinya. Namun, sejak tahun lalu, Kim mengatakan dia hanya memiliki 20 kepribadian saja. 

What's On Fimela
Loading