Sukses

Lifestyle

Fixie, not Pixie!

 bike

Fixie adalah nama beken dari fixed gear bike. Sepeda jenis ini gear atau gigi pada roda belakangnya tidak bisa free wheel. Atau gampangnya, kalau dikayuh mundur, roda belakang akan berputar mundur. Beda dengan sepeda pada umumnya yang jika pedal dikayuh, tidak akan terjadi apa-apa dengan roda belakang, alias tidak bergerak. Sepeda fixie adalah sepeda yang umum digunakan oleh pengantar pos/koran/majalah, atau kurir di New York.

   Base atau rangka sepeda adalah rangka sepeda balap tanpa gear shift atau gigi bahkan rem. Ayunan pedal sepeda ini akan terus berputar seiring dengan perputaran roda belakang, sehingga jika kita mau rem, kita harus mengurangi kecepatan putaran pedal dengan cara melawan arah putaran atau dikayuh arah balik. Cara ini disebut door trape. Sedikit beresiko jika tidak terbiasa. Karena biasanya pada saat jalan menurun atau berbelok, pedal akan terus berputar dan laju sepeda tidak berkurang. Ada cara aman jika ingin punya fixie tanpa resiko. Bisa memasangkan rem depan, walaupun sedikit berlawanan dengan konsep fixie yang tidak banyak aksesoris.

   Sudah banyak perempuan yang juga menggemari fixie. Ada blog khusus penggemar fixie perempuan misalnya, cixxxie.blogspot.com. Grup ini sering mengadakan acara gowes (sebutan untuk bersepeda) bareng. Dan ternyata tren fixie nggak cuma di dalam negeri saja, Taiwan, Korea, Jepang merupakan negara-negara yang banyak penggemar fixie perempuan.

   Overall, fixie is just another bike. And the point of bersepeda adalah agar badan kita sehat kan? Dan pastinya sebagai Fimelista, kita nggak pengen sekedar sehat. Tapi sehat sambil bergaya! Cheers to that!

 

(Image via Jakandjill.com)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading