Sukses

Lifestyle

Pilih mana? Apple iPad atau Samsung Galaxy Tab

galaxy ipad

Saat ini orang sedang terpesona dengan kecanggihan mini computer yang dikenal sebagai tablet. Apple membuat orang tercengang dengan iPad-nya. Model yang begitu stylish dan beratnya pun nggak lebih dari sebuah novel. Setelah iPad diluncurkan ke pasaran, para produsen komputer lain pun berlomba-lomba membuat tablet computer yang mereka klaim lebih hebat dari iPad. Salah satunya adalah Samsung dengan Galaxy Tab.

1. Display

iPad mempunyai dimensi layar yang lebih besar daripada Galaxy Tab. iPad mempunyai layar dengan lebar 9,7 inci dengan resolusi gambar 768x1,024 pixels. Dengan layar selebar itu dan resolusi gambar yang begitu tinggi, iPad benar-benar memanjakan mata untuk menonton film-film favoritmu. Sementara Samsung Galaxy Tab berukuran layar hanya 7 inci dengan resolusi gambar 600x1,024 pixel.

Dengan ukuran layar dan resolusi yang lebih besar, sudah pasti iPad adalah pemenangnya.

2. Ukuran dan Berat.

iPad mempunyai ukuran panjang 242.8 mm, lebar 189.7 mm atau kira-kira lebih kecil sedikit dari kertas A4 dengan ketebalan hanya 13.4 mm dan beratnya 680 gram saja. Sebaliknya Samsung Galaxy Tab mempunyai ukuran lebih compact dengan panjang 190.09 mm, lebar 120.45 mm, tebal 11.98 mm dan berat hanya 380 gram saja atau kurang lebih setengah berat iPad.

Untuk kamu yang terbiasa membawa tas-tas kecil, Samsung Galaxy Tab tidak akan merepotkan.

3. Connectivity

Ada 2 macam iPad yang diluncurkan oleh Apple. Yang pertama adalah iPad yang hanya mengandalkan koneksi WiFi saja. Jadi apabila kamu ingin terhubung dengan internet, harus mencari hotspot terlebih dahulu. Yang kedua adalah iPad 3G + WiFi. Untuk tipe iPad yang kedua ini kamu tidak usah repot-repot mencari hotspot, karena sudah dilengkapi dengan slot mini SIM card (di Indonesia sudah ada provider yang menyediakan mini SIM card atau kamu bisa memotong simcard standard di toko komputer yang menjual iPad). Dengan begitu iPad-mu akan terhubung dengan internet dengsn teknologi 3G/HSDPA. Kedua tipe iPad ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi bluetooth paling terakhir.

Samsung Galaxy Tab lebih canggih daripada iPad. Selain dilengkapi dengan teknologi WiFi dan bluetooth, Galaxy Tab juga bisa dipergunakan untuk menelepon, SMS bahkan MMS seperti halnya sebuah ponsel.

4. Kapasitas

Selain 2 tipe di atas (WiFi only dan 3G + Wifi) iPad juga mempunyai beberapa pilihan tiap tipenya, yaitu 16GB, 32GB dan 64GB.

Lagi-lagi untuk hal ini Samsung Galaxy Tab selangkah lebih maju dari iPad. Walaupun hanya berkapasitas 16GB untuk ukuran standarnya, tapi sudah dilengkapi dengan slot ekspansi untuk memasukkan memori tambahan. Kamu tinggal membeli memory card dengan kapasitas yang dinginkan dan memasukannya ke slot ekspansi tersebut.

5. Camera

iPad definitely has no camera. Samsung Galaxy Tab memiliki kamera 3 megapixel pada bagian belakangnya dan sudah dilengkapi LED flash. Tidak hanya kamera belakang saja, pada bagian depan Galaxy Tab tertanam kamera 1.3 megapixel sehingga memungkin untuk melakukan video call.

6. Battery Life

Apple mengklaim iPad bisa dipakai selama 10 jam nonstop. Samsung sendiri mengklaim Galaxy Tab bisa bertahan selama 7 jam apabila dipakai nonstop.

7. Performance

Agak sulit untuk membanding performance dari kedua gadget ini karena mempunyai kecepatan processor yang sama yaitu 1 GHz.

8. Aplikasi

Untuk yang akan memilih iPad, apabila ingin menambahkan aplikasi seperti Microsoft Office dan lain sebagainya, bisa download atau membelinya di Apple App Store. Sebaliknya, karena Samsung Galaxy Tab berbasis android, semua aplikasi bisa di-download secara gratis dan sudah full version.

9. Harga

Harga iPad bervariasi. Mulai dari Rp4.790.000,- juta hingga Rp7.990.000,- juta dan sudah bisa didapat di toko resmi Apple. Harga Samsung Galaxy Tab berkisar Rp6.500.000,-.

Now that’s controversial…make your own decision now!

 

(Dari berbagai sumber)

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading