Sukses

Lifestyle

Beer From Betawi

Bir pletok pas diminum saat cuaca dinginLayaknya bir dengan berbagai merek, bir pletok juga berfungsi menghangatkan tubuh kamu. Minuman ini bisa kamu nikmati dengan dua cara, yakni diminum saat hangat atau dicampur dengan es. Konon nama bir pletok muncul saat minuman ini dicampur dengan es dan dikocok, wadah yang beradu dengan es berbunyi 'pletok-pletok' sehingga minuman ini dinamakan bir pletok.


Bir pletok terbuat dari berbagai macam rempah khusus. Perpaduan cabai Jawa, lada hitam, jahe, serai, dan kayu secang yang menghasilkan warna merah akan membuat miniman ini terasa pedas. Bir pletok paling pas diminum saat sedang hujan karena bisa menghangatkan tubuh.

Sekarang bir pletok sudah agak sulit ditemukan. Karena hanya sedikit keturunan Betawi asli yang menguasai pembuatan minuman tradisional ini. Kalau kamu penasaran untuk mencicipi dan ingin tahu cara membuatnya, kamu bisa mendatangi salah satu perkampungan Betawi di daerah Jagakarsa, Setu Babakan.

 Di sini kamu akan mudah menemukan bir pletok dan mencari tahu cara pembuatannya, sambil menikmati kebudayaan Betawi lainnya.

Jangan sampai nggak dicoba, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading