Sukses

Lifestyle

Never Be Rude, Kecuali Memang Terpaksa

never rude

Desainer terkenal Carolina Herrera. Mrs. Herrera adalah seorang perempuan yang chic, elegan, dan selalu terlihat tenang dan ramah – walaupun dia nggak pernah mau menerima any less than the best – tapi menurut sang desainer, dia nggak akan pernah marah pada pilot (Mrs. Herrera selalu charter pesawat) dan orang-orang yang bekerja di restoran yang sering dia datangi. Mrs. Herrera menjelaskan kalau dia nggak punya kuasa atas mereka alias nggak berani macam-macam. Kalau si pilot memutuskan untuk mengendarai pesawat seenaknya, atau seorang pelayan mau membuat dia sakit perut, mereka bisa saja melakukan hal tersebut. Jadi, walaupun si waiter bersikap asal-asalan atau nggak sopan, Mrs. Herrera hanya tersenyum, mengangguk dan meminta dengan sopan agar dressing salad-nya di pisah.

Menurut Derek Blasberg, pengarang buku Classy: Exceptional Advice for the Extremely Modern Lady, hal ini memang sebaiknya dilakukan dan sangat masuk akal. Makanya dia juga melakukan hal yang sama, dengan pemikiran yang sama pula. Jadi Derek menganjurkan, bahkan saat kita dihadapkan pada satu situasi dimana kita nggak bisa menahan diri dan menjadi orang yang sopan – saat emosi menguasai jiwa, jangan sampai lepas kendali pada: polisi dan petugas bandara/bea cukai, pelayan toko atau restoran. Berikut alasannya: kamu nggak mau ditilang atau makananmu (diam-diam) dicampur ‘sesuatu’ yang nggak kamu inginkan.

Tapi ada juga saat dimana kamu harus membela diri saat diperlakukan dengan nggak semestinya. Sebagai perempuan harus selalu menjaga sikap dan perlakuan, be nice to strangers and friends, tapi ada saatnya kamu harus menunjukkan sikap dan biarkan perempuan kuat di dalam dirimu yang beraksi. Derek Blasberg mengatakan bahwa perempuan harus tahu kapan dia stand up for herself. Misalnya pasangan memperlakukanmu dengan semena-mena; atau teman kantor menyalahgunakan kebaikanmu; atau teman baik menyebarkan berita yang nggak benar tentangmu. Untuk kasus-kasus tertentu, keluarkan your inner strength alias fight back! Let it out. Yes, be rude. Be a (pardon our language) b$tch.

Jangan bersikap baik pada orang yang berusaha memanipulasi atau mengambil keuntungan darimu. Sebaiknya kamu hindari atau jauhi situasi tersebut dan move on, rugi banget urusan dengan orang-orang seperti itu. Tapi kalau taktik ini tidak bisa diterapkan, jangan menyerah. Fight back. Tapi pastikan kamu memang nggak punya pilihan lain.

 

Berikut tips tambahan dari Derek Blasberg:

-       Selalu memberikan tip.

-       Bersikap sopan dan nggak kasar pada pelayan, asisten rumah tangga, office boy. Respek orang-orang yang bertugas membantu.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading