Sukses

Lifestyle

Nikmati Liburan Tanpa Jatuh Sakit

Thank God it’s Friday! Ini artinya ‘siap-siap untuk refreshing’. Jumat, Sabtu, dan Minggu, dalam tiga hari kamu juga bisa menyusun rencana liburan seru, lho. Rencanakan sebuah liburan yang berkualitas agar kamu bisa kembali segar saat memulai hari di minggu selanjutnya.Berikut trik Dr. Gherardin dari DOC Holiday agar kamu terhindar dari sakit selama iburan.

Berkutat dengan Kuman

Semua permukaan benda yang kita sentuh sudah pasti mengandung kuman. Namun, yang paling penting adalah apa yang kita lakukan dengan tangan kita yang penuh kuman?  Dr. Ghehardin menyarankan sebaiknya hindari menyentuh mata, hidung, dan telinga dengan tangan yang belum dicuci. Karena itu artinya sama seperti menyebarkan kuman ke bagian tubuh yang sensitif dan ini merupakan cara yang paling ampuh untuk tertular penyakit. Kalau kamu sedang berada di daerah yang sulit untuk mendapatkan akses air atau kamu jalan-jalan seharian, sebaiknya simpan hand sanitizer di dalam tas agar kamu bisa selalu membersihkan tangan saat dibutuhkan.

Siap nikmati liburan tanpa gangguanPatuhi peraturan yang ada

Ikuti aturan wajib saat kamu akan mengonsumsi makanan dan minum: pastikan sudah dimasak atau dicuci bersih. Karena kalau makan sembarangan, kamu memperbesar resiko terkena diare. Menurut Dr. Gherardin, orang yang sering bepergian tahu betapa berharganya membawa obat-obatan penting saat bepergian. Saat kamu terkena diare, mengganti cairan tubuh merupakan solusi terbaik untuk mengatasi dehidrasi yang kamu alami. Beberapa pil ringan (obat tanpa resep dokter) juga bisa kamu gunakan untuk menyumbat diare yang menyerang. Namun, yang paling penting adalah mencegah agar kamu nggak terkena diare dengan mengawasi makanan dan minuman yang kamu konsumsi.

Selalu bawa kotak obat

Membawa kotak obat saat berlibur merupakan kegiatan wajib yang nggak boleh dilupakan. Obat-obatan yang dimaksud di sini nggak cuma obat-obatan umum, tapi kamu juga harus membawa semua obat-obatan dari resep dokter yang berhubungan dengan penyakit yang biasa kamu alami. “Biasanya obat-obatan yang diberikan oleh dokter bisa disesuaikan dengan kondisimu saat akan bepergian,” ujar Dr Gherardin.

Serangan serangga

Sebisa mungkin kamu hindari segala bentuk gigitan serangga, nyamuk dan sejenisnya. Ada daerah-daerah tertentu yang rawan dengan penyakit yang disebabkan oleh gigitan serangga, malaria dan cikungunya misalnya. Sebelum bepergian, sebaiknya kamu konsumsi pil anti malaria sebagai bentuk pencegahan agar nggak terkena malaria. Agar lebih aman, bawalah lotion anti nyamuk dalam tasmu.

 

Sekarang, kamu sudah siap untuk menikmati liburan tanpa gangguan. Selamat berlibur!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading