Sukses

Lifestyle

Sinyal HP dan Lebah Madu, Apa Hubungannya?

Kurangi intensitas penggunaan HPDi jaman yang serba cepat sekarang ini, HP sepertinya sudah masuk ke dalam daftar kebutuhan pokok perempuan moderen. Hingga rasanya mustahil jika sehari saja kita hidup tanpa HP, bahkan saat libur sekalipun. Dan ternyata, intensitas penggunaan HP yang sangat tinggi ternyata bisa mengurangi populasi lebah madu di sekitar kita.

Seorang ahli lebah, Dr. Daniel Favre, melakukan uji coba di London untuk membuktikan keterkaitan antara sinyal HP dengan kematian lebah madu. Dr. Daniel meletakkan dua buah ponsel di bawah sarang lebah. Ponsel tersebut diletakkan dalam keadaan nonaktif, aktif, dan stand by. Ternyata lebah memberikan reaksi dengan mengeluarkan nada tinggi saat HP sedang aktif. HP yang sedang aktif sangat mengganggu lebah hingga menyebabkan kematian.

 

 

"Sekitar 20-40 menit setelah ponsel diaktifkan, lebah-lebah mulai mengeluarkan suara dengan nada tinggi," ujar Daniel. Dua menit setelah panggilan pada ponsel berhenti lebah pun kembali tenang. Dr. Daniel,

Sinyal HP dapat mengurangi populasi lebahmantan ahli biologi di Swiss Federal Institute of Technology, Lausanne, mengatakan bahwa studi ini menunjukkan bahwa ponsel yang sedang aktif dapat mengganggu lebah. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) juga melaporkan bahwa populasi lebah madu di dunia mengalami penurunan yang cukup drastis.

Lebah yang nggak bersentuhan langsung dengan HP aja bisa terkena dampak yang sangat berbahaya. Bagaimana dengan kita, yang menggunakan HP setiap hari? Para ahli sudah melakukan berbagai percobaan untuk melihat pengaruh radiasi HP pada kesehatan manusia. Dalam jangka pendek, radiasi memang nggak menyebabkan penyakit yang membahayakan. Tapi, dalam jangka panjang radiasi HP bisa memicu penyakit acoustic neuroma (sejenis tumor otak). Menurut Dr. Lennart Hardell, seorang peneliti Swedia, pemakaian HP selama satu jam per hari dalam kurun waktu sepuluh tahun dapat meningkatkan risiko terkena tumor otak. Bahkan, beberapa pengguna HP melaporkan bahwa mereka merasakan berbagai gejala saat menggunakan atau setelah penggunaan ponsel, yaitu panas dan kesemutan pada kulit kepala, kelelahan, gangguan tidur, pusing, dan sakit kepala.

Mengerikan, ya? Apakah kamu termasuk yang nggak bisa lepas dari HP? Berapa jam dalam sehari kamu mematikan HP?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading