Sukses

Lifestyle

Migrain Bisa Dicegah. Kenali Gejalanya!

Sakit kepala bisa mengacaukan semua aktivitasmu seharian. Masa sih? Pastinya, coba tanya pada diri sendiri, apa bisa kamu konsentrasi bekerja dengan rasa sakit yang bersarang di kepalamu? Jawabannya: tidak! Saat sakit kepala menyerang ketika kamu sedang berada di kantor, yang ada di benakmu saat itu pastinya hanya ingin segera pulang dan berbaring di tempat tidur.

Kenali tanda-tandanya!Nah, sakit kepala saja sudah sangat mengganggu, apalagi yang namanya migrain. Namun, sayangnya banyak orang yang nggak tahu dan nggak menyadari gejala-gejala awal timbulnya migrain. Apakah kamu tahu bahwa migrain bisa dicegah?

Berdasarkan sebuah penelitian di Amerika, sekitar 1/3 dari 30 juta penderita migrain akan mengalami gejala-gejala timbulnya migrain hampir selama 48 jam sebelum benar-benar terserang migrain. Pasti kamu nggak akan menyadari gejala migrain karena gejalanya sama sekali nggak menimbulkan rasa sakit pada kepala. Kamu harus waspada saat mengalami beberapa gejala berikut: kelelahan, selalu marah-marah, gelisah, tidak bersemangat, selalu merasa lapar, dan rasa haus berlebihan. Ini merupakan tanda-tanda awal akan terjadinya migrain.

Wasapada jika alami rasa lapar berlebih!Jika penderita migrain bisa mengenali tanda-tanda tersebut, sakit kepala sebelah ini tentunya bisa dicegah. "Jika kamu sadar terhadap tanda-tanda tersebut, segera minum obat sakit kepala pada malam hari sebelum tidur untuk mencegah timbulnya migrain keesokan harinya,” ujar Peter Goadsby, seorang ahli saraf di Amerika.

Dalam sebuah konferensi di Amerika, Goadsby dan beberapa ahli saraf lainnya mengatakan bahwa tanda-tanda yang muncul bisa menjadi petunjuk penyebab terjadinya migrain pada seseorang. Para ilmuwan Amerika juga mengatakan bahwa sekitar 30% penderita migrain biasanya (seperti) melihat kilatan cahaya atau garis-garis berbentuk gelombang sesaaat sebelum sakit kepala menyerang mereka.

Para penderita migrain juga bisa mengurangi kemungkinan terserang sakit kepala parsial ini dengan mengenali faktor pemicu migrain. Cokelat, alkohol, pizza, dan red wine bisa memicu timbulnya migrain pada sebagian orang. Kalau kamu biasa terserang migrain saat sedang dilanda stres, mungkin kamu bisa mengurangi kepadatan jadwal kerjamu dan mengambil jatah cuti untuk berlibur sejenak menenangkan pikiran.

Yang perlu digarisbawahi dan diperhatikan adalah peluang kita (para perempuan) untuk terserang migrain lebih besar daripada laki-laki. So, beware! Kenali tanda-tandanya sebelum migrain benar-benar menyerangmu!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading