Sukses

Lifestyle

Watch Your Watch!

Selain sebagai penunjuk waktu, jam tangan bisa digunakan sebagai aksesoriKetatnya rutinitas sehari-hari membuat kita nggak bisa melepaskan pandangan dari si penunjuk waktu. Bahkan, disadari atau nggak, secara teratur pasti kamu akan melirik ke pergelangan tangan untuk memeriksa waktu.

Jam tangan memang mempunyai fungsi utama sebagai penunjuk waktu. Namun, di samping itu, jam tangan sering kali digunakan sebagai aksesori pelengkap pakaian. Buat kamu yang nggak suka gonta-ganti jam, biasanya lebih suka memilih jam tangan dengan warna dan model yang netral supaya bisa dipadupadankan dengan berbagai busana. Tapi, buat kamu yang hobi mengoleksi jam tangan, coba hitung sudah berapa banyak jam tangan yang berjajar di lemarimu? Membedakan jam tangan untuk tiap sesi acara yang berbeda, pasti wajib hukumnya buat kamu. Tapi bagaimana jika jam kesayangan kamu rusak cuma karena salah rawat? Yuk, coba mulai rawat koleksi jam tangan pribadi kita.

  • Keep it shiny

Jam tangan yang terbuat dari stainless steel bisa kehilangan kilaunya kalau kamu menggunakannya setiap hari. Untuk tetap membuat jam tanganmu berkilau, kamu bisa membersihkannya dengan cara menggosoknya dengan sikat gigi lembut yang sudah diolesi dengan sabun pembersih. Gosok perlahan hingga kotoran di semua bagian hingga celahnya rontok, setelah itu cuci dengan air hangat dan keringkan dengan lap lembut. Cara ini bisa membuat jam tangan stainless steel-mu selalu bersinar. Nah, untuk menambah kilaunya, kamu bisa juga menambahkan pemakaian obat gosok logam.

Namun, penggunaan jam tangan stainless steel tanpa istirahat tetap saja bisa menimbulkan goresan pada sisi-sisinya. Saat kamu menyadari terdapat goresan kecil pada jam tanganmu, segera bawa ke tukang service jam untuk diperbaiki. Goresan kecil yang dibiarkan, lama-lama akan membesar dan tentunya akan mengurangi performa penampilan jam tangamu.

  • Use glass cleaner

Gunakan kain lembut dan sabun untuk membersihkan jamPermukaan kaca jam adalah bagian dari jam tangan yang paling rentan tergores. Untuk menghindari goresan, saat kamu akan meletakkan jam tangan, hindari menaruhnya dalam keadaan tertelungkup (posisi kaca jam menghadap meja) karena posisi seperti ini membuat kaca jam sering tergesek permukaan meja. Nggak sedikit orang yang menyepelekan posisi saat meletakkan jam tangan hingga tanpa disadari, kaca jam tangan mereka sudah dipenuhi dengan goresan.

Untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada kaca jam, kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan lap lembut yang sudah dibasahi dengan pembersih kaca yang mengandung anti debu. Cukup sapukan lap pada permukaan kaca, permukaan jam tanganmu pun sudah kembali bersih dan bersinar.

  • Keep it flexure

Buat kamu yang punya jam tangan terbuat dari kulit, penting banget untuk selalu menjaga kebersihan dan kelenturan kulitnya. Untuk membersihkan permukaan kulit, kamu bisa menggunakan pembersih khusus kulit yang bisa diperoleh di berbagai pusat perbelanjaan. Ingat, pembersih khusus kulit! Salah menggunakan pembersih justru bisa membuat kulit jam tanganmu rusak. Dan yang pasti, kamu harus menyimpan jam tangan kulitmu dalam suhu ruangan yang pas. Suhu yang nggak pas juga bsa membuat kulit jammu menjadi kaku atau bahkan berjamur. Pastinya kamu nggak mau jam tangan kulit kesayanganmu rusak begitu saja, kan?

  • Use baking soda

Jika noda pada pergelangan jam tangan stainless steel-mu susah dihilangkan, gunakanlah baking soda untuk membersihkannya. Campurkan sedikit baking soda dengan air, rendam dan gosok dengan tangan bagian jam yang terdapat noda membandel (jangan sampai terkena permukaan kaca jam). Setelah itu, gosok kembali jam tangan dengan lap lembut, bilas, dan keringkan. Kini jam tanganmu sudah seperti saat kali pertama kamu membelinya.

So, watch your watches to keep it clean and always new, FIMELA friends. Punya tips lain untuk merawat jam?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading