Sukses

Lifestyle

Kebiasaan Gigit Kuku Bisa Dihentikan

Stop kebiasaan menggigit kukuBiasa menggoyang/ menggerakkan bagian tubuh tertentu

Orang yang melakukan kebiasaan ini saat mereka sedang fokus dengan sebuah pekerjaan, bingung, atau berpikir. Orang-orang seperti ini suka sekali menggoyang-goyangkan kaki, lutut, membenturkan pulpen di atas meja, dan juga mengetuk-ngetukkan jari pada sebuah permukaan. Dan atas dasar alasan menenangkan diri serta mencari ide mereka melakukannya.

Apakah kamu salah satu orang yang seperti ini? Stop it! Secara nggak langsung kamu mengganggu orang lain dengan kebiasaan tersebut. Kebiasaanmu ini nggak akan menjadi masalah saat kamu sedang sendiri, tapi bagaimana jika kamu sedang berbagi bangku dan meja bersama orang lain? Bangku dan meja otomatis juga akan berderak saat kamu menggoyang-goyangkan anggota tubuhmu.

Kebiasaan seperti ini merupakan salah satu akibat dari kelebihan energi dan ini biasanya disebabkan karena kamu kelebihan mengonsumsi kafein dan gula. Salah satu cara untuk menghentikannya adalah dengan istirahat cukup (tidur berkualitas) dan olahraga.

Biasa terlambat

Istilah 'jam karet' biasanya akan melekat pada orang-orang yang sering terlambat menepati janji. Sebelum membuat janji dengan orang lain, sebaiknya pastikan dulu kalau kamu memang punya waktu atau setidaknya bisa datang pada jam yang telah disepakati. Misalnya, saat kamu membuat janji bertemu dengan orang pukul 8 pagi, pikir masak-masak apakah kamu benar-benar bisa datang pada saat itu. Perhitungkan semua "ritual" yang akan kamu lakukan di pagi hari sebelum kamu menyanggupi kesepakatan tersebut.

Jangan pernah berpikir 'orang lain yang membutuhkanmu dan memang layak untuk menunggu' atau 'waktumu lebih berharga dari orang lain'! Hey, ingatlah kalau roda kehidupan akan berputar! Bayangkan bagaimana jika kami yang berada di posisi sebaliknya!

Biasa dengan postur bungkuk

Postur berdiri atau duduk membungkuk biasanya diawali dari kecil, karena kebiasaan atau nggak dilarang oleh orangtua untuk duduk/berdiri tegak. Jika postur tubuh membungkuk terbawa hingga kamu dewasa, pastinya akan mengganggu penampilanmu serta berdampak jelek untuk kesehatan tulang punggungmu. Psst, tahu nggak, kalau banyak banget urat saraf ada di tulang punggung dan bisa terganggu karena postur yang nggak benar?

Untuk mengembalikan bentuk tubuhmu ke bentuk normal (tegak), kamu bisa coba mengikuti kelas tari, yoga, atau pilates untuk mengencangkan otot perut dan punggungmu. Dan selalu mengingatkan diri saat postur mulai membungkuk.

Biasa menggigit kuku

Kebiasaan menggigit kuku nggak mengenal gender, baik laki-laki ataupun perempuan. Menggigit kuku sebagai salah satu cara untuk menenangkan diri mereka.

Untuk menghentikan kebiasaan ini, terlebih dahulu kamu harus memperhatikan 'kapan' kebiasaan ini muncul dan coba alihkan dengan kegiatan lain. Misalnya saja, kamu bisa menyediakan mainan atau stress ball di atas meja kerja untuk menyibukkan tanganmu. Atau mungkin kamu mengoleskan sesuatu yang mempunyai rasa atau bau tidak enak di jari-jari tanganmu sehingga kamu pun akan enggan menempelkan jari-jarimu ke area wajah. Nggak mungkin kan kamu rela bolak-balik beranjak cuci tangan hanya supaya bisa menggigiti kuku?

Jangan mengganggu orang lain dengan suara mulut yang kamu keluarkanBiasa mengunyah permen karet

Untuk kamu yang terbiasa mengunyah permen karet, ini merupakan salah satu cara pelarian saat gugup, stres, dan mencari ide. Tapi, nggak jarang kebiasaan mengunyah permen karet bisa mengganggu orang di sekitar saat kamu mengeluarkan bunyi ketika mengunyah ataupun mencoba membuat gelembung dari permenmu.

Untuk menghentikannya, kamu bisa mulai mengganti permen karet dengan permen hisap. Atau kalaupun kamu tidak bisa berpisah dengan permen karet, kamu bisa minta bantuan teman untuk mengingatkan jika kebiasaan mengeluarkan suara mengganggu mulai muncul. Cobalah posisikan dirimu sebagai orang lain yang "dipaksa" mendengar suara mulutmu saat mengunyah. Pastinya sangat menyebalkan, bukan?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading