Sukses

Lifestyle

Bebas Makan Saat Lebaran Tanpa Khawatir Gemuk

bebas makan tanpa takut gemukSantan, daging, minyak, gula, dan lemak banyak bertebaran saat hari raya. Lisa Namuri seorang pilates trainer memberikan trik supaya kamu bisa bebas melahap berbagai jenis makanan yang dihidangkan saat Lebaran.

Air putih dan buah adalah kunci jitu yang berfungsi untuk melindungi tubuh kita dari berbagai macam kondisi lingkungan. Seperti tradisi lebaran yang dijalani, pastinya kamu tahu kan kalau biasanya sayuran akan absen selama beberapa hari di meja makan. Untuk menggantikan asupan serat yang hilang dari konsumsi sayuran, sebaiknya kamu menyediakan stok beberapa macam buah di dalam lemari pendinginmu, seperti pepaya, apel, semangka, dan nanas.

Sebelum menyantap hidangan di hari raya, sebaiknya awali dengan mengonsumsi buah terlebih dahulu. Asupan buah ini dimaksudkan supaya porsi makanmu sedikit berkurang karena perut sudah terisi penuh dengan serat yang berasal dari buah. Untuk hal yang satu ini, sebaiknya kamu mengonsumsi nanas karena buah tersebut sangat kaya akan serat dan cepat membuat perutmu merasa kenyang. Selain mencegah makan secara berlebihan, serat yang terdapat dalam buah juga melindungi pencernaanmu supaya berbagai macam minyak dan lemak yang masuk tidak langsung diserap sistem pencernaanmu,” Lisa memberi saran saat dihubungi Tim Fimela melalui telepon.

gula, lemak, santan, minyak banyak kita temui saat hari rayaHilangnya asupan sayuran ketika Lebaran, mau nggak mau mengharuskanmu untuk menstok buah-buahan dalam kulkas. Berbagai jenis “penyakit” berkumpul saat hari raya, untuk itu kamu perlu mengonsumsi buah yang bisa membuang semua racun yang masuk ke dalam tubuhmu. Untuk urusan detoksifikasi, apel adalah buah yang disarankan untuk dikonsumsi oleh Lisa. Sedangkan untuk memperlancar metabolisme tubuh secara teratur tanpa asupan sayuran, kamu bisa mengonsumsi pepaya karena buah yang satu ini adalah pencahar alami yang paling ampuh.

Selain buah, konsumsi air putih sebelum makan juga dianjurkan Lisa untuk menjaga agar kamu nggak makan terlalu berlebihan. “Minumlah satu atau dua gelas air sebelum makan setelah itu mungkin bisa diawali lagi dengan konsumsi clear soup (noncreamy soup). Dengan begitu perutmu sudah terisi sebagian dengan asupan air dan pastinya mencegahmu makan secara berlebihan,” Lisa kembali memberi saran.

Gaya hidup sehat bukanlah sesuatu yang sulit, kuncinya adalah keseimbangan dalam melakukan semua kegiatan, termasuk saat makan. “Yang perlu ditekankan adalah semua yang berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan”, ujar Lisa menutup pembicaraan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading