Sukses

Lifestyle

Gelisah Bikin Langsing, Malas-malasan Tambah Umur?

Next

Sandal jepit atau flip flop gantikan high heels di kantor. Selama ini kita beranggapan mengganti alas kaki saat santai di kantor bisa merilekskan kaki yang lelah ber-high heels. Ini tak salah, yang harus diperhatikan adalah desainnya. Kalau kita menggunakan sandal jepit atau flip flop biasa, bukannya rileks, malah bisa menyebabkan kaki tegang saat menahan berat badan. Sandal jepit juga membuat otot-otot bagian depan tulang kering bekerja lebih keras menahan sandal agar tak bergerak, dibandingkan ketika kita bertelanjang kaki. Jadi, model sandal apa yang baik untuk kakimu? Sandal jepit yang didesain dengan penutup tumit, bertali besar, dan di bagian telapaknya melengkung, sesuai bentuk kaki kita.

Rajin cuci tangan. Kampanye cuci tangan sebelum makan memang bertujuan menyosialisasikan budaya cuci tangan untuk kesehatan tubuh. Tapi, apa jadinya kalau terlalu sering kamu lakukan? Cairan pembersih mengandung triklosan yang membuat bakteri kebal dan justru berkembang lebih cepat! Bagaimana solusinya? Minimalisasikan penggunaaan sabun pencuci tangan dan pilih yang mengandung alkohol minimal 60 % agar 99% bakteri mati.   

Gosok Gigi Sehabis Makan.Gosok gigi sehabis makan. Apa kamu menyimpan sikat dan pasta gigi di laci meja kerja? Bisa ditebak, kamu akan menggunakannya setelah makan agar gigi tetap bersih dan napas fresh, kan? Hati-hati, rutin menyikat gigi memang menjaga kesehatan mulut dan gigi, tapi ada beberapa jenis makanan yang kandungan asamnya tinggi. Prof. Dr. drg. Melanie Sadono Djamil dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti menambahkan, “Sebaiknya sikat gigi satu jam setelah makan. Kalau kurang dari satu jam dikhawatirkan justru terjadi abrasi pada gigi.”

Olahraga kardio dalam program dietmu. Latihan kardio sedang jadi tren, tapi ternyata cara ini tak cukup efektif untuk menurunkan berat badan. Awalnya memang memperlihatkan efek, tapi rutinitas gerakan membuat tubuh terbiasa dan membakar lemak lebih sedikit dari waktu ke waktu. Selain itu, otot jadi tegang dan bisa menyebabkan cedera jika kita melakukan gerakan yang itu-itu saja. Kamu bisa kombinasikan kardio dengan olahraga lain. Selain tak bosan, kamu juga sekaligus mengistirahatkan tubuh agar denyut jantung stabil. Gerakan olahraga beragam juga membantu tubuh mengurangi kalori lebih banyak. “Daripada menargetkan berat badan yang ingin dicapai, tentukan dulu target latihanmu. Misalnya, latihan kardio 30 menit sehari dan angkat beban 20 menit dua kali seminggu. Paling tidak tubuhmu lebih kuat, kencang, dan langsing,” terang dr. Fiastuty Wicaksono, MSc.

Next

Main game tingkatkan metabolisme tubuh. Pernah dengar efek positif main game? Anggapan buruk memang sudah terlanjur melekat, tapi ternyata game juga punya nilai plus-nya, terutama fighting games. Alasannya, fighting games membuat jantung berdetak lebih kencang, mengeluarkan banyak energi, dan pernapasan yang lebih cepat karena rasa tegang. Jadi, main game lebih seru dan sehat dibandingkan nonton TV. Main game juga bisa melatih ingatan dan logika. Belajar menyelesaikan masalah lewat game sekaligus memperlancar metabolisme tubuh. Mengapa tidak?

Marah jaga tekanan darah, mengumpat kurangi rasa sakit. Tekanan darah tinggi biasa menyerang orang-orang yang mudah marah, karena itu kita selalu disarankan untuk menahan emosi. Tapi, ternyata kemarahan justru menguntungkan. Orang yang mudah mengekspresikan perasaannya, merespons cepat hal yang membuatnya jengkel, justru memiliki tekanan darah normal dan mensekresi sedikit kortisol atau hormon penyebab stres. Jadi, jangan pendam perasaanmu dan ungkapkan apa yang mengganjal di hati. Asal tak berlebihan, tak akan menimbulkan masalah. Demikian juga dengan mengumpat dan memaki. Ketika menahan sakit, lebih efektif mengumpat daripada menggunakan anestesi. Peningkatan agresivitas itulah yang mengurangi kepekaan kita terhadap rasa sakit.

Gelisah Bikin LangsingGelisah bikin langsing. Orang yang sering gelisah cenderung tampak lebih langsing daripada orang yang selalu tenang menghadapi masalah. Gerakan gerakan kaki dan tangan saat gelisah, jantung berdebar, meregangkan otot atau menguap, mampu mengeluarkan 350 ekstra kalori per hari. Jadi, tak perlu khawatir dengan tantangan pekerjaan yang terkadang membuatmu takut dan gelisah, anggap saja itu bagian untuk menyukseskan program dietmu!

Malas-malasan tambah umur. Bukannya lebih baik aktif daripada bermalas-malasan? Penelitian Profesor Peter AXT, ahli kesehatan masyarakat, menunjukkan bahwa orang yang terlalu sibuk sepanjang hari adalah awal menuju kematian. Bermalas-malasan adalah kunci hidup panjang dan menangkal stres. Hasil penelitiannya memang kontroversial, tapi ada benarnya juga. Karena itulah ada weekend di sela-sela kesibukan yang kita manfaatkan untuk bermalas-malasan, refreshing sebelum kembali ke rutinitas. Sekali-kali melamun juga penting untuk melatih reaksi otak sehingga kemampuan kognitif meningkat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading