Sukses

Lifestyle

Earth Hour: 1 Jam Berpartisipasi Selamatkan Bumi

Next

Earth HourBumi kita sudah tidak stabil, perubahan cuaca secara ekstrim adalah salah satu bukti nyata yang paling bisa dirasakan. Cuaca panas menyengat pada siang hari, hujan lebat dan angin kencang bisa turun pada sore menjelang malam. Karena panasnya cuaca pada siang hari, banyak orang yang menjadikan kondisi ini sebagai lelucon satire. Kamu yang merasa sebagai twitter addicted, akhir-akhir ini pasti sering menjumpai kalimat ‘Mataharinya lagi buka cabang banyak. Panas banget.’ di timeline kamu.

Apakah kamu juga termasuk ke dalam salah satu orang yang menuliskan kalimat satire tersebut? Ops! Sadarkah kamu kalau kamu juga turut berpartisipasi dalam menyebabkan perubahan cuaca dan iklim secara drastis? Coba cek penggunaan lampu, AC, kulkas, komputer, dan barang-barangn elektronik lain di rumah dan kantor kamu. Rasanya kita tidak pantas mengeluh tentang perubahan ekstrim cuaca kalau kita masih sering menyia-nyiakan lampu dan AC menyala saat tidak digunakan.

Next

 

Matikan alat-alat elektronik selama 1 jam untuk membantu menyelamatkan bumiDalam rangka menyelamatkan bumi, pada tahun 2007 World Wide Fund for Nature (WWF) untuk kali pertama mengadakan Earth Hour. Earth Hour merupakan kampanye yang bertujuan untuk mengajak semua warga dunia untuk menyelamatkan bumi dengan mematikan peralatan listrik yang tidak dibutuhkan selama 1 jam secara serentak. Sejak tahun 2009 hingga 2011, kampanye Earth Hour telah mendapatkan dukungan sebanyak 1,8 milyar dari seluruh dunia yang berasal dari 5.251 kota di 135 negara.

Next

 

Jessica Iskandar membantu mengampanyekan Earth Hour melalui akun twitternyaH-1 menjelang Earth Hour pada 31 Maret besok, penggalakan kampanye Earth Hour kembali ramai menjadi pembicaraan. Jessica Iskandar dan Valerina Daniel adalah dua orang publik figur yang mencoba mengajak masyarakat untuk ikut berpastisipasi mendukung kampanye Earth Hour melalui akun twitter mereka. Mengapa kita harus berpartisipasi dalam mendukung kampanye Earth Hour? Karena diperkirakan Earth Hour yang akan dilakukan di Indonesia bisa menghemat listrik hingga 5.580 Mega Watt (MW). Terbayang kan berapa banyak lagi energi yang akan tersimpan jika semua warga Indonesia ikut berpartisipasi?

Valerina DanielDalam rangka mendukung kampanye Earth Hour, sebuah mall besar di daerah Jakarta Barat mengadakan acara hiburan sejak tanggal 10—31 Maret besok. Bahkan, pada tanggal 25 Maret lalu, komunitas Michael Jackson Indonesia turut berpastisipasi dalam acara tersebut dengan membuat gerakan flashmob untuk menyatakan dukungan mereka dalam menciptakan bumi lebih baik. Selain itu, sebuah radio di Jakarta pun secara unik mengajak para pendengarnya untuk berpartisipasi dalam Earth Hour. Stasiun radio tersebut mengumpulkan 1010 orang yang berpartisipasi dalam Earth Hour 2012, jika kuota tersebut terpenuhi maka sang penyiar pun berjanji untuk mencium 101 batang pohon yang ada di Jakarta. Cara yang cukup unik untuk menarik simpati, kan?

So, apa masih perlu pikir panjang untuk ikut serta dalam kampanye Earth Hour? Sisihkan 1 jam untuk bantu selamatkan bumi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading