Sukses

Lifestyle

Hitung Dana untuk Persiapan Masa Pensiun, Sekarang!

Next

pensiunSiapa sih yang nggak mau menghabiskan masa tua hanya dengan menikmati hidup? Kayaknya nggak ada orang yang nggak mengacungkan tangan saat ditanya pertanyaan seperti ini. Nggak terbayang memang kalau di usia yang sudah tidak lagi muda, kita masih harus beraktivitas di kantor demi memenuhi kebutuhan hidup.

Lagipula, pada kenyataannya masa kerja seseorang pasti akan terhenti pada usia tertentu. Pada masa itulah kita harus memasuki masa pensiun. “Masa produktif seseorang terbatas, banyak perusahaan yang hanya mau mempekerjakan karyawannya hanya sampai usia 55 tahun. Karena setelah itu, produktivitas akan menurun,” ujar Eka Agustina SE, Ak, AEPP, QWP, Financial Planner, QM Financial.

Next

pensiunBerapa usiamu saat ini? apakah sudah siap untuk ‘gantung laptop’ di usia 55 tahun? Sejak kapan dana pensiun sebaiknya mulai dipikirkan? “Sejak saat ini kita sudah harus memikirkan dana pensiun agar terasa lebih ringan. Saat pensiun di usia 55 pasti kita sudah terbiasa menikmati gaya hidup seperti saat ini. nah, bayangkan bagaimana kita bisa hidup tetap seperti saat ini di usia 55 tahun tanpa ada yang menggaji,” Eka menekankan.

Dana pensiun harus dipikirkan sejak dini mengingat adanya inflasi yang terjadi setiap tahun. Setidaknya kita harus menyiapkan dana hari tua hingga 10 sampai 15 tahun setelah kita memasuki usia pensiun. Dan ternyata, tidak sedikit lho dana yang harus kita kumpulkan. “Kita harus memperhitungkan dana pensiun setidaknya untuk kita hidup hingga 70 tahun. Usia 70 tahun adalah rata-rata usia harapan hidup orang Indonesia. Nah, jika kamu sekarang berusia 25 tahun dengan biaya hidup 5 juta per bulan. Berarti saat kamu pensiun nanti, usia 55 tahun, biaya hidup bisa mencapai 82 juta per bulan. Yup, jumlah yang besar pastinya. Jumlah ini dihitung berdasarkan inflasi yang terjadi setiap tahun. Sudah terbayang kan berapa yang harus kamu siapkan jika kamu harus menyiapkan dana hari tua hingga untuk usia 70 tahun,” jelas Eka.

Next

pensiunMembayangkan angka sebesar itu pasti membuat kita sakit kepala mendadak. Jadi, untuk menyiapkan dana hari tua, sebaiknya kita sudah mulai belajar untuk berinvestasi sejak dini. Banyak cara yang bisa kamu pilih dalam berinvestasi, misalnya saja dengan reksadana saham. Karena menurut Eka, investasi merupakan satu-satunya cara untuk mencapai angka-angka tersebut.

Memasuki masa pensiun bukan berarti kamu harus berhenti berkarya. Tapi, setidaknya saat beraktivitas pada masa tua, kamu sudah nggak perlu lagi memikirkan kebutuhan hidup. Aktualisasi diri rasanya satu-satunya alasan yang paling tepat digunakan saat kamu memutuskan untuk tetap bekerja di usia lanjut. Setuju?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading