Sukses

Lifestyle

Keliling Sumatera Barat: Belanja Songket di Pandai Sikek lalu Berkunjung ke Padang Panjang

Next

Bicara soal Sumatera Barat, pasti yang terlintas di kepala kita adalah ‘Padang’ dan ‘Nasi Padang’. Padahal bicara tentang Sumatera Barat nggak melulu soal Padang, Padang hanyalah salah satu kota yang terdapat di Sumetera Barat. Masih banyak kota-kota lain di Sumatera Barat yang bisa kamu kunjungi untuk liburan kali ini.

Pandai Sikek

songketBuat kamu yang nggak terlalu mengenal Sumatera Barat, nama kota Pandai Sikek memang cukup jarang terdengar di telinga seolah tergerus dengan nama kota lainnya yang lebih dikenal masyarakat banyak. Padahal Pandai Sikek adalah salah satu kota penghasil kain tenun terbaik dan terindah. Dan kenyataan ini sudah tidak diragukan lagi oleh masyarakat Sumatera Barat.

Jika pernah mendengar nama Batu Sangkar maka letak kota ini tidak jauh dari letak kota Batu Sangkar. Unggul sebagai penghasil kain songket, masyarakat di Pandai Sikek pun banyak yang menggantungkan perekonomian mereka pada kerajinan tenun ini.

songketNggak mungkin rasanya kamu nggak jatuh hati saat melihat songket khas Pandai Sikek. Umumnya motif songket yang dihasilkan di Pandai Sikek berasal dari turun temurun keluarga. Songket-songket ini pun biasanya digunakan dalam berbagai acara besar.

Nah, jika berkeliling di Sumatera Barat, Pandai Sikek nggak ada salahnya disinggahi untuk membeli buah tangan songket ala Sumatera barat. Songket nggak hanya harus digunakan saat acara resmi lho. Dengan membuat songket menjadi pakaian casual maka kamu bisa menggunakan songket dalam aktivitas harian.

 

 

Next

 

Padang Panjang

Eits, jangan salah. Padang Panjang berbeda dengan kota Padang. Kalau Padang merupakan kota terbesar di pesisir Sumatera Barat, Padang Panjang merupakan kota terkecil. Walaupun hanya kota kecil, tapi Padang Panjang memiliki peran penting bagi masyarakat karena kota kecil ini merupakan kota penghubung dari satu kota ke kota lain.

fotoTidak ada yang mencolok dari kota ini memang, namun karena sebagian besar penduduk kota ini berasal dari suku Minangkabau maka dibangunlah Pusat Kebudayaan Minangkabau di Padang Panjang. Di sini, kamu bisa mendapatkan seluruh informasi mengenai suku Minangkabau. Nggak hanya pusat kebudayaan, di Padang Panjang pun terdapat perkampungan Minang.

Nah, di perkampungan Minang ini kamu bisa memeroleh informasi seputar suku dan budaya Minang langsung dari penduduk asli.

 

 

Next

 

Bukittinggi

dadiaMau mencari beragam makanan enak khas Sumatera Barat? Bukittinggi adalah tujuan wisata yang paling tepat. Pisang Kapit, Kue Bika, dan Nasi Kapau hanyalah segelintir makanan khas Sumatera Barat yang bisa ditemui di Bukit Tinggi. Jangan membayangkan Bika Bukittinggi seperti Bika Ambon yang terkenal dari Medan ya. Karena Bika ini terbuat dari kelapa, ketan, dan juga pisang di dalamnya.

Dan salah satu makanan yang benar-benar wajib dicicipi adalah Dadiah. Yup, kuliner yang satu ini wajib dimasukkan ke daftar makanan buruan kamu, terutama buat kamu pencinta yoghurt. Dadiah merupakan yoghurt tradisional khas Sumatera Barat. Yang membedakan Dadiah dengan yoghurt biasa adalah Dadiah dibuat

jam gadangdari fermentasi susu kerbau. Rasanya? Kamu nggak perlu membayangkan si kerbau karena rasanya pun hampir sama dengan yoghurt susu sapi biasa.

Bukan hanya terkenal dengan makanan, wisatawan yang berkunjung ke Bukittinggi pun mengincar objek wisata alam dan sejarah yang terkenal di sini. Ngarai Sianok, Jam Gadang, Pasar Ateh, dan Lubang Jepang Bukit Tinggi adalah tempat yang harus kamu kunjungi selanjutnya setelah puas memanjakan perut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Next

 

Maninjau

kelok 44Mencari tempat sejuk di Sumatera Barat? Maninjau harus menjadi sasaran kamu selanjutnya. Jika mendengar nama Maninjau, pasti yang terlintas langsung gambaran Danau Maninjau. Ya, Danau Maninjau merupakan danau terbesar dan juga terkenal kedua setelah Danau Singkarak.

Nah, kalau sudah ke sini, kamu wajib mengunjungi Kelok 44. Kelok 44 sebenarnya hanyalah jalan biasa yang berada di antara lembah-lembah, namun memang cukup banyak belokan yang harus dilalui oleh para pengguna kendaraan saat melintasi jalan ini. dan justru inilah salah satu objek yang terkenal di Maninjau.

Karena dikelilingi oleh lembah dan pegunungan maka wisata alam adalah buruan yang paling tepat untuk daerah Maninjau. Taman Wisata Linggai, Aia Tigo Raso, dan Air Terjun Gadih Ranti merupakan perwakilan wisata alam di Maninjau yang nggak boleh kamu lewati.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading