Sukses

Lifestyle

Markas Seni Budaya Betawi, Tempat Tepat Cicip Jajanan Rakyat

Next

setu babakan

Bergeser ke arah Selatan Jakarta, kamu bisa menikmati wisata seni budaya asli Betawi. Refreshing nggak melulu harus ke mall. Sesekali ajak si buah hati, keponakan, dan teman-teman untuk kembali mengenal kebudayaan dengan mengunjungi salah satu tempat wisata budaya Jakarta.

Adalah Setu Babakan sebuah cagar seni budaya Betawi yang terletak di daerah Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Mungkin sebagian orang masih asing mendengar daerah Srengseng Sawah, tapi kamu masih familiar mendengar daerah Jagakarsa. Ya, Setu Babakan masih termasuk ke dalam wilayah Jagakarsa di Jakarta Selatan.

Next

setu babakanTidak perlu merogoh kocek untuk membayar tiket masuk, kamu sudah bisa menikmati seluruh fasilitas yang terjadi di Setu Babakan begitu memasuki kawasan cagar budaya ini. Rumah-rumah yang terdapat di kawasan ini masih kental dengan ciri khas rumah Betawi dan memang inilah salah satu yang dijaga oleh masyarakat di sini. Bukan hanya itu, di dekat danau terdapat panggung utama yang cukup besar. Pada hari-hari tertentu digelar pertunjukkan seni yang mempertontokan kesenian tanjidor, tari, ataupun lenong. Semua masyarakat bebas dan gratis menikmati pertunjukkan yang digelar.

Next

setu babakan

Nggak pas mengenal seni budaya lokal tanpa mencicipi makanan rakyat. Jika ingin menikmati beragam kuliner Betawi maka kamu nggak salah tempat jika mengunjungi Setu Babakan. Selain sebagai tujuan wisata budaya, Setu Babakan juga merupakan tempat tujuan wisata kuliner. Ya karena makanan masih termasuk sebagai bagian dari kebudayaan maka nggak heran kalau kita juga menemukan “paket” wisata kuliner di Setu Babakan.

Di sepanjang danau terdapat para penjaja makanan, seperti Toge Goreng dan Kerak Telor. Bir Pletok, Dodol Betawi, Laksa, hingga Es Lilin bisa kamu dikmati di sini. Kamu bisa menyantap makanan tersebut di pinggir danau yang dipayungi pepohonan rindang yang teduh. Biasanya orang datang ke Setu Babakan untuk memburu Bir Pletok dan juga Dodol Betawi karena saat ini kedua makanan tersebut sudah agak sulit ditemukan. Dan sekalipun bisa ditemukan, rasanya pun belum tentu enak. Tapi, di sini, kamu bisa merasakan Bir Pletok dann Dodol Betawi yang sesungguhnya. Karena rata-rata penjual Bir Pletok dan Dodol Betawi di Setu Babakan menjual makanan mereka berdasarkan resep turun-temurun dari keluarga.

So, jika masih belum ada rencana bepergian akhir pekan ini, kamu bisa menyambangi wilayah Setu Babakan. Selain bisa mengenal seni budaya Betawi lebih dalam, kamu pun bisa puas menikmati ragam kuliner khas Betawi.

foto: berbagai sumber

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading