Sukses

Lifestyle

4 Langkah Amankan Rumah dari Korsleting Listrik Selama Mudik

Next

korsleting listrikTidak ada yang terlalu memedulikan, namun ternyata sangat berbahaya. Salah satu pencetus kebakaran ini kerap disepelekan oleh sebagian besar kita, mungkin juga termasuk kamu. Padahal, data dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penganggulangan Bencana DKI Jakarta menunjukkan bahwa di tahun 2013 terjadi 1.475 kasus kebakaran dan 699 di antaranya terjadi akibat hubungan arus pendek listrik. Jadi, pastikan untuk melakukan hal-hal berikut sebelum meninggalkan rumah dalam jangka panjang ya, Fimelova.

1.    Pastikan alat listrik yang dipakai asli
Ini mungkin tidak bisa langsung kita kerjakan, tapi setidaknya kita bisa mengingatkan pasangan untuk mengecek kembali alat listrik yang dipakai di rumah. Pernah mendengar istilah MCB, Fimelova? Mini Circuit Breaker atau yang biasa dikenal MCB merupakan pengaman utama rumah kita dari kebakaran akibat hubungan arus pendek. Karena itu, minta pasanganmu untuk mengecek keaslian MCB yang digunakan di rumah. Menggunakan MCB palsu itu artinya kamu sudah siap untuk kehilangan rumahmu, Fimelova. “Karena jika ternyata MCB yang digunakan di rumah palsu maka kebakaran bisa tak terhindarkan jika terjadi hubungan arus pendek,” ujar Hery Saputra, Marketing Manager Partner Retail PT Schneider Electric Indonesia.  Jangan sampai terjadi ya. Mumpung waktu mudik masih panjang, yuk lakukan pengecekan terhadap instalasi listrik di rumah.

2.    Amankan barang dari petir
Untuk urusan yang satu ini, mungkin masih belum banyak yang melakukannya. Padahal, salah satu yang bisa membuat barang-barang elektronik rusak dan juga kebakaran akibat korsleting alat adalah sambaran petir. Saat bepergian jauh dan lama, tentu kita tidak ingin sesuatu yang buruk terjadi pada barang-barang elektronik di rumah kita. Untuk memberikan rasa aman dan ketenangan selama mudik dan berlibur, sebelum pergi kamu bisa coba memastikan alat yang bernama Surge Protection Device terpasang di rumahmu. Alat ini berguna untuk melindungi rumah jika ada petir yang menyambar.

Next

 

korsleting listrik

3.    Cabut semua kabel
Siapa sih yang tidak melakukan kebiasaan mencolok berbagai kabel pada satu sumber listrik? Ya, penggunaan colokan listrik multiplug atau kabel rol menjadi solusi untuk rumah dengan sumber listrik (stop kontak) terbatas. Penggunaan kabel yang bertumpuk sangat berbahaya hingga kerap menjadi penyebab kebakaran yang paling umum. Jangankan ketika rumah dalam keadaan kosong, saat kita berada di rumah pun sebisa mungkin usahakan penggunaan stop kontak dengan berbagai tumpukan colokan listrik multiplug. Korsleting listrik rasanya agak susah dihindari dengan penggunaan colokan listrik seperti ini.

4.    Matikan listrik saat rumah kosong
Untuk tindakan pencegahan yang paling aman, saat bepergian sebaiknya pastikan bahwa listrik di rumah dalam keadaan mati. “Sebisa mungkin, selalu pastikan listrik di rumah dalam keadaan mati ketika kita pergi. Tindakan ini merupakan tindakan pencegahan kebakaran akibat korsleting listrik yang paling aman,” Hery kembali menambahkan. Dan sebelum kamu bergegas mudik atau liburan, pastikan juga rumahmu terkunci dengan aman, Fimelova. Semoga dengan tips tersebut kamu bisa meminimalisasi tingkat kecelakaan di rumah. Dari keempat poin di atas, mana sih yang sudah kamu lakukan sejauh ini? Pernah punya momen tak terlupakan seputar korsleting listrik? Share cerita kamu yuk.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading