Sukses

Lifestyle

Cara Berhemat Setiap Hari

Jakarta
Nggak perlu sampai nunggu gajian kalau mau menabung. Hal kecil pun bisa membantumu menghemat uang, lho! Baca terus di sini!


- Simpan receh kembalian. Lima ratusan, seribuan, jika dikumpulkan selama setahun bisa jadi banyak banget, lho!
- Lagi acara nonton bareng teman kantor? Kalau nggak pengen-pengen banget, nggak usah beli cemilan di bioskop. Kalau terbiasa nonton sambil ngemil, beli di supermarket dan simpan dalam tas. Karena air putih saja harganya bisa lebih mahal dibanding kamu beli di warung atau supermarket.
- Makan nggak lengkap kalau tanpa kerupuk? Bisa lho beli kerupuk di warung atau supermarket, dan bawa-bawa saat makan siang.
- Ganti beli kopi di gerai franchise dengan beli kopi bubuk dan susu. Kebayang nggak kamu bisa hemat sampai lebih dari 600.000 per bulan?
- Bawa makan siang dari rumah. Kalau beli makan siang setiap hari menghabiskan uang 20.000 sampai 50.000, kamu bisa membuat makan siang dengan ongkos sekitar 10.000. Coba ditambahkan dalam setahun?
- Kurangi makan di luar misalnya jadi seminggu sekali.
- Bikin daftar belanjaan, saat belanja bulanan, agar menghindari membeli bahan-bahan yang nggak perlu.
- Pastikan kendaraanmu terawat mesin dan ban-nya, agar bisa menghemat pengeluaran bahan bakar sampai sekitar satu juta dalam setahun.
- Saat mengemudi, hindari terlalu banyak menginjak gas dan rem. Gunakan dengan kecepatan standar. Selain bisa menghemat bahan bakar, juga biaya perawatan.
- Belanja baju pas diskon? Bisa dibilang waktu yang tepat. Tapi belum tentu hemat. Pastikan kamu bakal menggunakan item fashion tersebut dalam jangka waktu yang lama, dan sering. Karena walaupun diskon, tapi cuma dipakai sehari, hitungannya kamu rugi, Fimelova!
- Hati-hati dengan penggunaan handphone atau modem wifi. Batasi dengan menggunakan whats app, misalnya. Dan jika ke tempat yang menyediakan fasilitas wifi, matikan modem pribadimu.
- Perlu nggak berlangganan TV kabel dengan paket lengkap? Pilih beberapa saluran favorit saja, agar biaya langgananmu nggak banyak.
- Hadiah untuk saudara atau teman yang nggak terlalu dekat? Cari waktu belanja saat diskon. Atau cari kado yang bisa kamu buat sendiri. Kadang justru lebih berkesan, lho!

Punya tips yang bisa dibagi? Share di kolom komentar, Fimelova!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading