Sukses

Lifestyle

Tandatangan vs PIN, Lebih Baik Mana?

Jakarta
Walaupun belum semua merchant sudah melayani otorisasi lewat PIN, tapi penerbit kartu kredit kebanyakan sudah mengaplikasikan chip pada kartu kredit untuk otorisasi PIN.

Nah, sebenarnya, kenapa sih tandatangan harus digantikan PIN? Jawabannya mudah saja. Untuk meningkatkan keamanan pemakaian credit card dan debit card, maka semua penerbit kartu harus memberlakukan chip untuk PIN pada kartu kredit atau kartu debitnya. Sistem tandatangan akan dihapuskan sama sekali, nantinya. Kenapa PIN lebih aman? Karena pada saat otorisasi transaksi, kamu diharuskan untuk memberikan empat sampai enam angka Personal Identification Number (PIN) yang harus nyambung dengan informasi yang ada pada chip komputer di dalam kartumu. Gabungan antara teknologi chip dan PIN membuat lebih susah untuk terjadinya pemalsuan. Bahkan walaupun kartu kreditmu dicuri, akan sulit menyalahgunakannya, jika nggak tahu PIN kartu kreditmu.

Sayangnya, belum semua merchant punya mesin untuk teknologi chip dan PIN ini. Mungkin kamu sudah mulai ditawarkan untuk memakai PIN di toko atau departemen store besar. Tapi untuk toko-toko yang lebih kecil, belum bisa diberlakukan, karena keterbatasan dari mesin tersebut.

Tapi kalau ada pilihan pemakaian PIN, pastikan kamu menggunakannya, Fimelova! Always be smart!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading