Sukses

Lifestyle

Jepara, Kota Wisata yang Tenang dan Sarat Budaya

 

Jakarta Lupakan kota-kota besar yang sering dijadikan tujuan wisata. Kali ini, coba deh Fimelova berlibur ke Jepara. Menempuh sekitar dua jam perjalanan dari Semarang, Jawa Tengah, kamu akan disambut dengan sederet toko kerajinan kayu ukiran saat memasuki kota ini. Kalau kamu ingin mendapatkan ketenangan, mendatangi Jepara adalah pilihan tepat. Walaupun begitu, kota ini punya beberapa objek wisata yang bisa kamu kunjungi.

Buat pencinta kain tradisional, khususnya tenun, coba deh kunjungi Sentra Tenun Troso. Warna-warna cerah menjadi ciri khas tenun ikat asal Jepara.  Saat berbincang dengan seorang pengrajin, dia menceritakan kalau Jepara tidak memiliki motif tenun yang khas. Maka dari itu, mereka menggabungkan beberapa jenis kain tradisional, misalnya tenun dengan batik atau tenun dengan bordir, bahkan dengan jumputan. 

Kami yakin kamu akan puas berbelanja di sana, Fimelova. Berbagai fashion item yang terbuat dari tenun ikat seperti scarf, rok, kemeja, dresstote bag sampai kain yang bisa kamu jadikan padanan kebaya, dijual dengan harga bervariasi. Lelah berbelanja, kamu bisa menunggu matahari terbenam dengan duduk di sisi pantai Bandengan atau Sekembung. Kamu bisa duduk di area publik di pantai atau sambil menikmati kudapan ringan di restoran-restoran yang ada di sisi laut.

Ke Jepara belum terasa lengkap tanpa mengunjungi kerajinan kayu dan ukiran. Buat kamu penggemar wood furniture and wood crafting, Jepara adalah tempat yang pas untuk menambah koleksimu. Coba kunjungi Kampung Sembada ukir Patekeyan. Ada cerita unik di balik kawasan seni ukir ini. Desa ini tadinya tergolong desa tertinggal, Fimelova. Namun dengan kerjasama dan kerja keras warganya, mereka berhasil meningkatkan perekonomiannya dengan mengembangkan kawasan khusus seni ukir ini. Dijamin kamu akan bingung memilih item mana yang mau kamu bawa pulang!

Museum R. A. Kartini menjadi tempat wajib dikunjungi saat mendatangi kota yang terbilang panas ini. Sebagai tempat kelahiran perempuan yang sempat mencetuskan ide soal emansipasi perempuan ini, keberadaannya seakan bisa kamu rasakan di museum ini. Terletak tidak jauh dari alun-alun, museum ini menampilkan barang-barang dan cerita mengenai Kartini semasa hidup. Tidak usah takut bingung saat mengunjungi museumnya. Seorang guide akan  memandumu dan menjelaskan secara detail satu demi satu peninggalan Kartini.

Yuk siapkan waktumu untuk wisata seru di kota yang satu ini!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading