Sukses

Lifestyle

Fokus Menjadi Inovator, Kunci Realisasi Sebuah Ide

Jakarta Ini hal yang sering terjadi: kita berbicara tentang ide-ide yang ingin kita realisasikan, kita membuat daftar yang harus dilakukan, kita telah menentukan sasaran akhir, dan tidak jarang kita ingin membagikan ide-ide tersebut ke orang lain……. Hingga akhirnya ide tersebut perlahan terlupakan. 

Ide brilian bisa tercipta di mana saja, tapi hanya sebagian kecil orang yang mampu mewujudkannya. Memang betul, Fimelova, kita tidak bisa memprediksi ide mana yang akan menjadi besar. Tapi, membangun sebuah projek, sekecil apapun itu, akan lebih baik daripada tidak membangun apapun. 

Pada saat acara Ideafest 2015 yang diadakan beberapa waktu lalu, saya sempat mendengarkan presentasi Nadiem Makarim, pendiri layanan transport, kurir, dan belanja berbasis sepeda motor, Gojek. Ada pertanyaan yang cukup menggelitik saya saat itu: apa pengorbanan yang harus ia lakukan hingga bisa seperti sekarang ini?

Dengan tegas Nadiem mengatakan kalau Gojek selalu ada di dalam pikirannya, dan ia tidak pernah berpikir untuk berhenti melakukannya. Bahkan ketika ia sedang ngobrol dengan teman, keluarga, dan istri, Nadiem selalu memilikirkan tentang Gojek.

Perkataan Nadiem itu mengingatkan saya bahwa setiap ide brilian membutuhkan banyak sekali pemikiran. Memang tidak mudah untuk memisahkan pekerjaan atau passion dengan waktu bersama keluarga atau teman, meskipun kita semua pasti sangat ingin bisa melakukannya.

Semakin dewasa, saya yakin kita semua juga menyadari, meskipun memiliki kehidupan yang seimbang itu hampir tidak mungkin, tapi kita tetap bisa multitasking dan merealisasikan sebuah projek. Along the way, kita akan belajar bagaimana cara mengelola, menyeimbangkan, dan mengerjakan banyak hal dalam waktu yang sangat sedikit.

Karena itu, buatlah harimu lebih produktif, Fimelova. Saya yakin kita semua memiliki ide brilian yang mungkin hanya disimpan di notes. Sekarang saatnya untuk mengambil notes tersebut dan merealisasikan ide tersebut. Karena sekreatif apapun sebuah ide, jika tidak diwujudkan dan tidak memberikan impact kepada orang lain, maka ide tersebut bukanlah apa-apa.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading