Sukses

Lifestyle

Lupakan Bali Sejenak, Simak Rekomendasi Liburan Pantai Nusantara yang Bebas Keramaian Ini

Jakarta Belum lengkap rasanya bila menghabiskan liburan tropis tengah tahun tanpa berjemur di pantai. Tak perlu jauh-jauh pergi ke Maldives atau Bora-Bora, karena Indonesia sendiri memiliki kekayaan pantai yang rasanya tak akan habis untuk dijelajahi satu per satu. Namun satu hal yang disayangkan, terkadang kita sebagai warga setempat malah kalah pengetahuan dengan wisatawan mancanegara mengenai objek pantai indah yang belum dijamah. Contohnya Pulau Tello. Pulau yang berada di Kecamatan Pulau Batu, Nias Selatan Sumatra Utara sudah lama terkenal sebagai destinasi wisata yang sangat indah. Gulungan ombak yang besar memang menjadi daya tarik utama kedatangan para turis ke Pulau Tello. 

Tidak hanya terkenal karena gulungan ombaknya yang tinggi bisa mencapai 5 meter, Pulau Tello ini juga mempunyai pemandangan indah. Pantai di pulau ini merupakan pantai dengan pasir yang lembut. Tak hanya itu, kekayaan alam bawah lautnya pun sangat cantik. Ditambah, pemandangan matahari terbenam dan terbit di pulau ini sangat eksotis. Namun popularitas pulau indah yang satu ini lebih banyak didengar di mancanegara. Setiap tahunnya, banyak para turis yang menghabiskan waktunya ke tempat ini. Bahkan, kini saat kita berkunjung ke pulau tersebut, mayoritas penghuninya adalah turis mancanegara, yang menetap dengan mengelola villa dan penginapan disana. Sungguh disayangkan, padahal objek wisata tanah air seperti ini mampu jadi mata pencaharian dan memperbaiki ekonomi masyarakat setempat. 

Semakin jarang rasanya pantai di Indonesia yang belum terjamah wisatawan asing. Sederet pilihan pantai cantik di tanah air oleh tim Fimela ini bisa jadi referensi destinasi liburan bahari yang cukup tenang, dengan sinar matahari yang tidak pelit.

Pink Beach, Komodo Island

Aku memang penggemar berat pantai untuk liburan musim panas. Kali ini pilihanku jatuh kepada Pink Beach di Komodo Island. Walaupun belum pernah kesampaian ke sana tapi dari foto-foto teman yang sudah pergi ke sana - juga hasil Googling - terlihat sangat indah. Mungkin karena pasirnya yang berwarna pink sehingga menciptakan momen-momen indah di pantai semakin berwarna dan Instagramable (jujur, sekarang mana ada yang tidak mengabadikan foto-foto kerennya ke dalam media sosial masing-masing). -Wisnu Genu, Fashion Stylist.

 

Pantai Ujung Genteng, Sukabumi Jawa Barat.

Pantai yang sampai sekarang membekas di hati itu pantai Ujung Genteng yang terletak di ujung Sukabumi Jawa Barat. Memang butuh effort sih untuk ke pantai itu, memakan perjalanan sekitar 4-5 jam dari pusat kota Sukabumi. Tapi begitu sampai di sana capeknya perjalanan kita terbayar sama pemandangan pantai yang masih bersih dan sepi, bahkan di sana hotel pun belum banyak dan disarankan membawa makanan perbekalan ya soalnya belum banyak yang jualan. Cocok banget buat yang suka jalan-jalan ke pantai dan melihat biota laut dengan kasat mata karena airnya masih clear banget dan pantai nya tenang. Nah, buat yang penasaran sama penangkaran penyu juga kita bisa lihat langsung pada malam hari. Tracknya memang agak sulit menuju ke sana, tapi kita bisa lihat langsung ibu penyu yang sedang bertelur atau penyu-penyu kecil yang dilepas ke pantai. So, memorable! Liburan di sana suasananya tenang, asri dan tentunya Instagramable di setiap sudutnya. -Reiny Andiani, Social Media.  

 

Pantai Sadranan, D.I Yogyakarta.

Pantai pilihanku adalah pantai Pantai Sadranan. Terletak di bujur barisan pantai Baron Yogyakarta. Pantai ini belum banyak dikenal wisatawan luar. Dimana artinya, masih belum banyak pengunjung. Waktu perjalanan yang dibutuhkan adalah sekitar 2 jam dari pusat kota Yogyakarta dengan melewati Gunung Kidul dan perbukitan. Sesampai di sana, bentangan pasir putih serta deburan ombak serta biru langit yang cantik langsung tersenyum menyambut kehadiran kita. Berbagai tempat penginapan di pinggir pantai pun bisa dipilih sesuai dengan selera dan budget. Tak hanya pengalaman berjemur matahari dan snorkling under water yang menyenangkan, pemandangan di sana juga mampu jadi latar belakang foto yang sungguh Instagramable ! -Melida Rostika, Writer. 

 

Pantai Klayar, Pacitan

Baru tahu kalau Pacitan punya pantai pasir putih yang indah. Bukan hanya soal pasir putih, tapi juga struktur pantainya yang unik. Di sisi pantai, terdapat batuan-batuan besar yang kokoh berdiri sebagai dinding pembatas. Ketika ombak sedang besar, airnya seperti berlimpah mengalir melewati bebatuan tersebut, masuk ke bagian terdalam pantai. Sangat indah. Namun, bermain air di pantai ini perlu waspada karena ombaknya terbilang besar, sehingga kita tidak boleh berenang dan hanya boleh bernaung di bibir pantai saja. Bonus, pantai Klayar berdekatan dengan pantai Ngiroboyo. Pantai ini berpasir hitam dan letaknya cukup masuk ke dalam pelosok, sehingga pengunjungnya masih sedikit. Suasananya cukup sepi. Menariknya, pantai Ngiroboyo menempel dengan sungai Maron, dimana kita dapat menyusuri keindahan sungai dengan perahu yang disewakan. Bagi yang belum pernah berkunjung ke pantai selatan daerah timur pulau Jawa, dua pantai tersebut layak disambangi. Apalagi Pacitan punya banyak pantai yang masih under the radar alias belum populer namun keindahannya tidak diragukan lagi. -Monica Dian, Writer. 

 

Pantai Nancala, Kepulauan Simeulue, Aceh Barat

Saat tiba di pantai Nancala, kita akan disambut oleh hamparan pasir putih yang dipenuhi dengan batuan karang disepanjang pantai. Pemandangan pasir putih di tepi pantai pun semakin terlihat eksotis dengan barisan pohon kelapa. Beberapa pohon kelapa menjuntai ke bibir pantai sehingga menarik dijadikan sebagai objek foto ala traveler Instagram. Di pantai ini kita juga akan menemukan pepohonan khas daerah Simeulue yang bisa dengan mudah kita temukan. Untuk seorang Thalassophile (a person who loves sea and oceans), keindahan pantai di kepulauan Simeulue yang terletak di provinsi Aceh bagian barat ini tentu tidak asing. Pantai Nancala merupakan bagian dari perairan laut lepas samudera Indonesia. -Arisa Mukharliza, Beauty Editor. 

 

Semua floating cottage yang tersebar di Indonesia

Orang-orang mungkin terobsesi dengan Maldives atau Bora-Bora, tapi nggak perlu jauh-jauh ke sana juga di Indonesia sebenarnya banyak tujuan wisata dengan konsep floating cottage atau water villas yang sedang hits ini. Memang harus menyiapkan dana lebih, tapi kalau melihat lokasinya yang eksklusif, dan ketenangan yang bisa kita dapatkan (karena pasti nggak banyak orang), ya sebenarnya sangat masuk akal. Apalagi kalau melihat sederet Instagrammer yang sudah mencoba lebih dulu, hasrat untuk ke sana juga semakin besar. Misalnya, Pulau Cinta di Gorontalo, Pantai Ora di Maluku Tengah, Telunas Resorts di Batam, Papua Paradise Eco Resort di Raja Ampat, Misool di Raja Ampat, Pulau Ayer di Kepulauan Seribu, Hamu Eco Resort di Raja Ampat, Maratua, sampai Kadidiri di Togian, Sulawesi Tengah. Banyak sekali, kan? Bukti bahwa potensi pantai kita itu sangat, sangat besar. Sekarang tinggal save some more money untuk berkunjung ke floating cottage yang tadi disebutkan. Karena pasti biayanya nggak sedikit. -Stanley Dirga, Managing Editor.

 

(Photo : Instagram Visit Indonesia)

 

What's On Fimela
Loading