Sukses

Lifestyle

Dua Tahun Telinga Pria Ini Tersumbat Cotton Bud, Kondisinya...

Fimela.com, Jakarta Cotton bud, kamu tentu tak asing dengan barang satu ini kan, yang kerap digunakan untuk membersihkan telinga. Sebelum menggunakannya lagi, kamu harus tahu jika alat ini sebenarnya tak dianjurkan untuk digunakan sebagai pembersih telinga.

Bukan tanpa alasan, penggunaan cotton bud untuk membersihkan telinga ternyata dapat menimbulkan masalah baru. Selain dapat mendorong kotoran masuk kedalam telinga hingga menyebabkan infeksi, seorang pria bahkan merasa kesakitan karena cotton bud yang ia gunakan tertinggal di dalam telinganya!

Anehnya hal ini baru ia sadari setelah cotton bud itu berada di dalam telinganya selama dua tahun. Melansir laman Mirror, pria bernama Neel Raithatha dari Hear Clinic di Oadby, Leicestershire, menceritakan jika dirinya telah membatu seorang pria yang merasakan kesakitan di telinga kanannya.

Ia pun kemudian melakukan pemeriksaan dan menemukan kapas di dalam telinga pria tersebut. Anehnya, ternyata kapas tersebut telah berada di dalam telinga selama dua tahun, dan baru diketahui keberadaannya setelah pria tadi merasakan sakit yang begitu hebat saat ia berenang.

Rupanya saat berenang, cotton bud di dalam telinga itu mengembang karena terkena air dan meimbulkan rasa sakit yang liar biasa. Tindakan pengambilan kapas tersebut pun langsung dilakukan Neel, meski dirinya sempat merasa takut jika hal ini dapat melukai dan merusak gendang telinga pasiennya.

Proses Pengangkatan Cotton Bud

Untuk mengeluarkan cotton bud, Neel pun tak membutuhkan waktu lama. Ya, ia hanya melakukannya salam waktu satu menit.

"Untungnya, gendang telinganya sehat dan selamat. Butuh waktu sekitar satu menit untuk mengangkat (cooton bud)," kata Neel. "Ini adalah prosedur yang rumit, mengingat cotton bud berada tepat di atas gendang telinga".

Bisa Membuat Gendang Telinga Berlubang

Terkait prosesnya, Neel pun mengatakan, meski terlihat mudah namun prosedur yang ia lakukan untuk mengambil cotton bud di dalam telinga tadi, berisiko membuat gendang telinga berlubang jika dilakukan dengan kurang hati-hati.

"Aku harus memastikan kalau saya tak menggunakan kekuatan besar saat mengambil cotton bud, karena aku bisa dengan mudah melubangi gendang telinga jika menggunakan banyak tenaga," jelasnya.

Ini bukanlah kali pertama Neel mengambil benda dari dalam telinga. Sebelumnya ia pernah membantu pasien mengeluarkan tutup pena dan anting dari dalam telinga.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading