Sukses

Lifestyle

Editor Says: Pintar Memilih Menu Buka Puasa

Fimela.com, Jakarta Apa yang paling dinantikan ketika Ramadan tiba? Buka puasa bersama keluarga, buka puasa bersama sahabat, buka puasa bersama teman SMA, buka puasa bersama teman SMP, buka puasa bersama teman SD, buka puasa bersama dengan teman di rumah. Nggak usah heran, pasti selama satu bulan berpuasa kamu juga memiliki belasan atau bahkan puluhan undangan buka puasa bersama.

Momen buka puasa bersama memang terasa sangat berbeda, meskipun setiap hari mungkin kamu sarapan pagi atau makan malam bersama keluarga di rumah atau kamu juga menyempatkan makan siang bersama teman kantor atau sahabat. Tapi, saat buka puasa bersama adalah sesuatu yang nggak ada salahnya untuk dinantikan setiap tahunnya.

Tak sekadar buka puasa atau ngobrol kegiatan sehari-hari, saat menyempatkan waktu berbuka puasa dengan keluarga misalnya, kamu bisa beribadah bareng, salat tarawih bareng. Kalau sama keluarga kamu bisa bertemu setiap hari, maka tentunya berbeda dengan teman-teman sewaktu SMA, SMP, SD atau bahkan saat masih duduk dibangku kuliah.

Kesibukan membuat kalian tak bisa bertemu setiap hari, tak seperti dulu, ke mana pun, di mana pun, ketika ada kamu, maka ada mereka, ada dia yang selalu berada di sampingmu. Maka, sangat benar jika kamu menggunakan ajang buka puasa bersama untuk reuni atau berkumpul kembali bersama mereka yang becandaannya selalu membuatmu kangen.

Nggak gampang untuk menentukan waktu untuk berbuka puasa, kalau waktunya sudah cocok semuanya, maka nggak gampang juga untuk menentukan tempat makan yang nggak hanya pas di kantong, tapi beberapa situasi terkadang memang menyulitkan. Ada teman yang pengin makan di restoran yang menyediakan smooking area atau tempat yang ramah bagi anak. Lalu bagaimana dengan makanan berbuka puasa.

Pilih Menu Buka Puasa yang Baik

Saat merencanakan buka puasa bersama, waktu dan tempat adalah perbincangan yang sangat serius dan menyita waktu. Setidaknya setiap hari selama beberapa minggu mungkin kamu dan teman-temanmu hanya membicarakan kedua hal itu. Lalu bagaimana dengan menu buka puasa? Kebanyakan akan menjawab,”Gua mah yang penting ada teh manis.”

Katanya sih makan apa pun asalkan sama kalian pasti akan terasa enak. Tapi, sehat nggak? Ya, itulah yang mulai sekarang harus diperhatikan. Nggak hanya saat berbuka puasa bersama, tapi lagi buka puasa sendirian pun tetap harus memilih makanan buka puasa yang nggak cuma enak, tapi harus baik juga untuk perut.

Buka puasa dengan segelas air putih, lalu disusul dengan gorengan yang diberikan bumbu sambal kacang yang berlimpah memang rasanya luar biasa, tapi ending-nya? Jangan kaget kalau waktu sahur perut kamu sakitnya nggak karuan. Dan penyesalan memang selalu datang belakangan, jadi nggak ada salahnya untuk memilih menu buka puasa dari sekarang.

Tips Memilih Menu Buka Puasa yang Baik

Kurang lebih selama 12 jam kita menahan lapar dan dahaga, jadi pasti kepenginnya pas buka puasa makan serta minum ini dan itu. Tapi, mulai sekarang pilihlah menu buka puasa yang baik. Minuman yang manis memang enak, tapi usahakan saat buka puasa terlebih dahulu minum air putih. Ingat, konsumsi gula yang berlebihan dapat memicu penuaan dini dan diabetes.

Bukannya gorengan, setelah minum air putih nggak ada salahnya kamu meniru Rasulullah SAW dengan memakan buah kurma. Kandungan gula murni yang terkandung di dalam buah kurma dapat meningkatkan energi.

Hindari makanan yang terlalu banyak mengandung garam karena nantinya malah akan membuat cepat haus. Lebih baik pilihlah makanan sehat seperti, buah-buahan, sayuran, makanan yang mengandung protein serta karbohidrat secukupnya. Jangan langsung memakan segalanya sekaligus, supaya saluran pencernaan nggak kaget, beri jeda antara makanan ringan dan makanan berat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading