Sukses

Lifestyle

3 Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur

Fimela.com, Jakarta Banyak orang mempersiapkan menu berbuka puasa dengan sangat serius. Harus ada kurma, buah lainnya, sayur, daging, ikan, dan juga tak lupa berbagai camilan manis seperti kolak, buah kering, dan es yang super manis. 

Semua hidangan ini memang sangat nikmat di lidah. Tapi hasilnya, Lebaran nanti berat badanmu bakal naik. Menurunkan berat badan setelah Idul Fitri justru lebih sulit, lho! Soalnya, pada saat Lebaran, kamu makan banyak kue khas dan juga menu Lebaran. 

Nah, makanya itu, kamu harus menjaga kesehatan dan berat badan sejak sekarang, saat masih bulan puasa. Caranya, dengan mengontrol jumlah makanan yang kamu konsumsi pada saat berbuka puasa. 

Usahakan untuk mengonsumsi banyak makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Selain mengonsumsi makanan sehat, kamu juga harus menghindari banyak makanan yang tak sehat. Bukan pada saat berbuka puasa saja, tapi juga pada saat sahur. 

1. Refined Carbohydrates

Makanan jenis ini juga sering disebut dengan simple carbohydrates. Kalau kamu bingung, makanan ini mengandung banyak karbohidrat yang tak sehat seperti gula, tepung terugu, donut, pastries, dan makanan lain yang mengandung sedikit nutrisi

2. Makanan Asin

Coba, apa yang kamu makan pada saat sahur selama ini? Emping yang ditaburi garam? Ikan lele goreng yang gurih dan asin? Bahkan ikan asin? 

Coba deh, kurangi mengonsumsi makanan asin pada saat sahur. Terlalu banyak garam juga nggak baik untuk kesehatan jantung, lho! 

3. Minuman Berkafein

Minuman berkafein juga harus kamu hindari untuk sahur. Soalnya, selain nggak baik untuk kesehatan jantung, minuman berkafein tinggi juga bikin haus. 

Soalnya, kafein nggak bisa menghidrasi tubuhmu dalam waktu yang panjang. Ujung-ujungnya, kamu jadi cepat haus. 

What's On Fimela
Loading