Sukses

Lifestyle

Mau Punya Tangan Robot Kayak Punya Dr. Octopus Musuh Spiderman? Ternyata Bisa Lho!

Fimela.com, Jakarta Kebayang nggak sih kalau kamu bisa punya tangan robot mekanik seperti yang dimiliki Dr. Octopus, salah satu villain di film dan komik Spider-Man. Ternyata hal itu bukan hal mustahil lho, karena seorang remaja bernama Erik Finman asal Amerika Serikat berhasil membuatnya.

Ya, Finma menciptakan tangan robot mekanik itu untuk seorang penggemar komik Marvel, Aristou Meehan yang juga menderita sindrom hipermobilitas. Aristou Meehan beranggapan bahwa memiliki tangan seperti Dr. Octopus akan membuat aktivitas sehari-harinya jauh lebih mudah. Namun Meehan juga merasa memiliki tangan robot canggih seperti itu tentu merupakan hal yang sulit terwujud.

Erik Finman yang kini menjadi miliarder Bitcoin termuda di dunia pun mencoba membantu mewujudkan impian Meehan tersebut.

"Ide ini datang dari Meehan sendiri. Karena dia adalah penggemar Spider-Man. Dia mengatakan tangan robot seperti Dr. Octopus akan menyelesaikan masalah sehari-harinya. Saya pikir itu ide yang cerdas. Dan bagi saya, akan sangat bagus jika saya dapat membantunya," ujar Erik Finman dilansir dari laman Odditycentral, Senin (18/6).

Remaja berusia 19 tahun itu pun mulai mengumpulkan tim yang terdiri dari beberapa insinyur. Finman dan timnya menggunakan printer 3D untuk mencetak prototipe tangan robot mekanik tersebut. Proses desain dan manufakturnya sendiri memakan waktu cukup singkat, yakni sekitar enam bulan, Namun hasilnya cukup mengesankan.

Tangan robot ciptaan Finman ini terdiri dari empat tentakel yang dapat bergerak secara fleksibel. Keempatnya dikendalikan oleh mikrokontroler yang dipasang di belakang dan digerakkan oleh delapan servo-motor.

Delapan servo-motor itu kemudian didukung oleh 4 sel baterai Lithium. Finman mengatakan berat keseluruhan dari keempat tangan tentakel itu sekitar 5,6 kilogram.

"Kami ingin tangan tentakel memiliki derajat rotasi dan titik-titik lentur. Kami menggunakan tiga kabel serat karbon yang sangat tipis sehingga tangan dapat menarik sebuah cangkir. Di bagian belakang, ada satu motor untuk masing-masing tangan. Terlihat lebih cerdas karena kami dapat menciptakannya dengan biaya yang murah dan super ringan," ujar Finman.

Terus dikembangkan

Saat ini, prototipe tangan robot Dr. Octopus ini baru mampu mengangkat benda-benda ringan. Namun Erik Finman percaya bahwa dengan penyempurnaan dan modifikasi lebih lanjut, tangan robot ini suatu hari akan mampu mengangkat benda seberat mobil, dan dapat diaplikasikan di berbagai industri, seperti industri konstruksi atau industri medis.

Erik Finman sendiri sebelumnya sempat membuat geger setelah sukses menjadi miliarder termuda berkat investasi bitcoin. Di tahun 2011, ia mendapat uang hadiah sekitar Rp 14 juta dari neneknya. Finman kemudian memutuskan untuk membelanjakan uang tersebut untuk membeli Bitcoin.

Erik Finman kemudian memutar otak untuk bisa mendapat penghasilan dari bitcoin tersebut. Ia akhirnya menjual bitcoin miliknya yang saat itu bernilai Rp 16,7 juta per buah. Dengan uang yang dimiliki, ia kemudian meluncurkan perusahaan edukasi berbasis online bernama Botangle.

 

Penulis: Rizky Mandasari

Sumber: Brilio.net

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading