Sukses

Lifestyle

Fakta soal endometriosis yang harus diketahui perempuan

Fimela.com, Jakarta Tidak banyak perempuan muda yang tahu soal endometriosis. Penyakit ini merupakan lapisan yang tumbuh di dalam rahim setiap bulan yang juga tumbuh di luar rahim. Endometriosis ini mengakibatkan rasa sakit yang mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Bukan cuma pada setiap aktivitas harian, tapi juga pada saat melakukan hubungan intim dengan suami dan pada kesuburan. Kondisi ini, tulis Eveeryday Health, ternyata sudah banyak terjadi pada perempuan. 

Di Amerika Serikat sendiri, ada 11 persen perempuan, khususnya di masa-masa subur, yang menderita endometriosis. Namun, mungkin belum banyak perempuan Indonesia yang mengetahui hal ini. 

Rasa sakit yang ditimbulkan kondisi ini bukan cuma pada area perut bagian bawah di mana rahim terletak, namun juga bisa terasa pada pelvis. Meski sangat jarang, rasa sakit juga terasa pada saat kencing. Lantas, apa saja yang harus diketahui mengenai endometriosis?

 

Penyebab Endometriosis

Everyday Health menulis, endometriosis disebabkan karena adanya kombinasi dari sistem kekebalan tubuh perempuan dan juga kencenderungan genetik. Meskipun begitu, pada ahli belum benar-benar tahu apa penyebabnya secara pasti. 

Faktor risiko seperti menstruasi di usia belia atau juga terlambat menopause pun juga bisa meningkatkan risiko memiliki endometriosis. 

Bisa Disembuhkan

Tapi, jangan khawatir karena endometriosis bisa disembuhkan dengan obat. Selain obat, endometriosis juga dapat disembuhkan dengan cara operasi. 

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Anies Baswedan Sampaikan Kabar Baik, Jakarta 0 Kematian Akibat Covid-19 Selama 24 Jam
Artikel Selanjutnya
Hari ini, 1.509 Sekolah di DKI Jakarta Gelar PTM Terbatas