Sukses

Lifestyle

Hand sanitizer sebabkan kuku jari mengelupas

Fimela.com, Jakarta Hand sanitizer biasa digunakan untuk membunuh kuman yang ada di tangan. Hand sanitizer juga kerap dipakai sebagai penggnati sabun cuci tangan yang lebih praktis, terutama saat bepergian. 

Banyak orang yang juga pada akhirnya menggunakan hand sanitizer di rumah dan di kantor, meski akses untuk mencuci tangan tersedia. Hal ini, tulis Prevention, disebabkan hand sanitizer lebih praktis dan memiliki sensasi mentol serta beraroma segar. 

Sayangnya, pengganti sabun cuci tangan ini menyebabkan efek samping lain pada kukumu. Hand sanitizer membunuh kuman, namun juga menyebabkan hangnails. 

Hangnails tidak sama dengan kuku yang mudah patah. Namun, Women's Health Magazine menulis, hangnails merupakan kondisi di mana kutikula kuku terpisah. Sehingga menyebabkan kukumu terkelupas. 

 

Alasan hangnails bisa terjadi

Lantas, kenapa hand sanitizer sampai bisa membuat kuku mudah terkelupas? Women's Health Magazine menulis, kuku terkelupas bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Seperti kuku dan kulit tangan kering. 

Hand sanitizer kerap kali mengandung short chains alkohol yang bisa membuat rambut, kulit, serta kuku menjadi kering. Selain itu, kuku mengelupas juga bisa disebabkan karena kurangnya protein dalam tubuh. 

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Jangan Salah, Ini 4 Dampak Buruk dari Kebiasaan Menggigit Kuku
Artikel Selanjutnya
Tips Parenting untuk Proteksi Anak di Masa Pandemi dari Bunga Zainal-Zivanna Letisha

Live Streaming

Powered by