Sukses

Lifestyle

Cara membedakan telur ayam ras, ayam kampung dan bebek

Fimela.com, Jakarta Telur menjadi sumber protein yang sangat baik buat kesehatan tubuh. Telur juga menjadi bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat. Bicara mengenai telur, ada banyak telur yang beredar di pasaran, mulai dari telur ayam ras, telur ayam kampung, telur bebek, telur puyuh hingga telur angsa.

Masing-masing telur ini juga memiliki ciri khas sendiri-sendiri. Rasa serta tekturnya pun berbeda antara satu dengan lainnya. Penasaran bagaimana cara membedakan telur ayam ras, telur ayam kampung dan telur bebek? Simak yang berikut ini.

Telur ayam ras

Telur ayam ras umumnya memiliki warna kecokelatan. Tektur cangkang ayam ras juga terasa lebih kasar jika dibandingkan dengan telur ayam kampung. Ukuran telur ayam ras lebih besar. Warna kuning telur ayam ras atau negeri ini akan lebih kuning cerah. Telur ayam ras akan lebih mudah pecah jika dibandingkan dengan telur-telur unggas lainnya.

Telur ayam kampung dan bebek

Telur ayam kampung

Umumnya, telur ayam kampung berwarna putih. Ukurannya lebih kecil jika dibandingkan dengan telur ayam ras. Untuk kuning telur, warna kuning telur pada telur ayam kampung lebih oranye. Untuk cangkangnya cukup sulit dipecah meski tekturnya halus dan lebih tipis.

Telur bebek

Telur bebek umumnya memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan telur ayam ras maupun telur ayam kampung. Warna cangkang telur bebek sedikit kehijau-hijauan. Cangkang telur bebek lebih keras dan kasar sehingga sulit dipecah. Tekstur telur pun lebih keras jika dibandingkan dengan telur ayam ras maupun ayam kampung.

Itulah perbedaan telur ayam ras, ayam kampung dan bebek. Para ahli menyebutkan jika nutrisi yang terkandung di dalam telur-telur ini berbeda antara satu dengan lainnya. Dari ketiga telur yang ada, telur ayam kampung dinilai lebih bernutrisi dibandingkan lainnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading