Sukses

Lifestyle

5 Makanan tradisional khas Aceh yang enaknya kebangetan

Fimela.com, Jakarta Indonesia dikenal sebagai negara dengan ragam budaya dan kuliner yang mengesankan. Dari Sabang sampai Merauke, setiap daerah pasti memiliki budaya dan makanan khas masing-masing. Tak hanya enak, makanan khas dari berbagai daerah ini juga sarat akan makna. Makanan khas ini juga menjadi makanan dengan history yang mengagumkan.

Bicara mengenai makanan khas Indonesia, kali ini Fimela punya beberapa daftar makanan khas Aceh yang enaknya kebangetan. Saat berkunjung atau berlibur ke Aceh, pastikan untuk tak melewatkan makanan khas ini. Apa saja makanan tersebut? Simak yang berikut ini.

Mie Aceh

Makanan khas Aceh pertama yang sangat populer adalah Mie Aceh. Mie ini memiliki rasa yang enak dan memiliki cita rasa menggugah selera. Mie Aceh biasa disajikan pedas maupun original. Tambahkan udang, kepiting dan seafood lainnya menjadikan mie asal kota Serambi Mekah ini semakin menggoda.

Sate matang

Makanan khas Aceh selanjutnya ada sate matang. Dibandingkan sate yang berasal dari Jawa, sate matang memiliki rasa khas yang cukup berbeda karena adanya tambahan kuah soto dalam penyajiannya. Sate ini disebut sebagai sate matang karena sate ini berasal dari sebuah daerah bernama Matang di Aceh.

Gulai kambing, ayam tangkap, rujak Aceh

Gulai kambing

Gulai kambing menjadi makanan khas Aceh yang enaknya kebangetan selanjutnya. Rasa gulai ini cukup khas jika dibandingkan dengan gulai-gulai dari daerah lain di Indonesia. Ini mengingat gulai kambing khas Aceh dengan penyajian yang masih panas, dagingnya empuk dan tidak bau, ada tambahkan bawang dan cabai cingcang di dalamnya.

Ayam tangkap

Ayam tangkap adalah makanan khas Aceh Besar. Ayam tangkap berasal dari ayam yang digoreng dengan cabai hijau dan daun teumuru atau salom koja (daun kari). Karena bumbu rempah yang cukup berbeda ini, kuliner ayam tangkap memiliki rasa yang khas dan begitu menggugah selera.

Rujak Aceh

Makanan khas Aceh yang kelima ada rujak Aceh. Sebenarnya, rujak ini hampir sama dengan rujak-rujak di daerah lain di Indonesia. Yang membedakan adalah, rujak Aceh disajikan bersama parutan buah rumbia khas Aceh yang memiliki cita rasa khas dan menggugah selera.

Itulah sedikitnya lima makanan khas Aceh yang enaknya kebangetan. Selain makanan di atas, makanan khas Aceh lain ada martabak Aceh, ungkot kemamah, kopi Aceh, kuah pliek U, kuah masem keu-eung, kue timphan dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak makanan yang ada, mana nih kesukaanmu?

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Tempat Hangout dan Belanja Terbaru di Jakarta dengan Konsep Ramah Lingkungan
Artikel Selanjutnya
Pemprov DKI Pasang Tugu Sepatu untuk Mempercantik Jakarta