Sukses

Lifestyle

Serupa tapi tak sama, ini perbedaan ketupat, lontong dan buras

Fimela.com, Jakarta Ketupat, lontong dan buras adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari beras dan dibungkus daun kemudian dimasak dengan cara direbus dalam waktu cukup lama. Ketiga makanan yang sama-sama terbuat dari beras ini memiliki rasa gurih yang khas. Dari ketiga makanan tersebut, mana nih yang menjadi kesukaanmu Sahabat Fimela?

Bicara mengenai ketupat, lontong dan buras, meski tiga makanan ini hampir sama. Ketiganya rupanya merupakan makanan yang memiliki perbedaan cukup signifikan. Apa bedanya?

Ketupat

Jika lontong dan buras dibungkus dengan daun pisang, ketupat dibungkus dengan daun kelapa atau janur. Beras yang telah dicuci bersih kemudian dimasukkan ke dalam anyaman janur atau daun kelapa muda kemudian dimasak kurang lebih selama empat hingga enam jam. Ketupat merupakan makanan yang kerap disajikan saat lebaran tiba. Ketupat disajikan bersama opor ayam, opor nangka muda atau sayur kuah santan yang kental dan gurih.

Lontong

Lontong merupakan makanan yang terbuat dari beras dan dibungkus daun pisang kemudian dimasak kurang lebih selama 5 jam. Karena dianggap sebagai makanan mengenyangkan dan praktis, lontong menjadi makanan yang cukup populer di Jawa dan daerah lain di Indonesia. Lontong bisa disajikan bersama opor ayam, opor nangka muda, sate, pecel bahkan gorengan seperti halnya tempe mendoan serta sambal bawang.

Buras

Buras adalah makanan khas Bugis atau Makassar. Buras atau burasa terbuat dari beras yang juga dibungkus daun pisang dan direbus daam waktu lama. Yang membuatnya berbeda dari ketupat dan lontong adalah, buras memiliki rasa gurih karena saat memasaknya ditambahkan santan kelapa, parutan kelapa dan garam. Buras biasa disajikan bersama masakan lain dengan cita rasa gurih pedas.

Itulah perbedaan ketupat, lontong dan buras. Semoga informasi ini bermanfaat. Fakta makanan yang sangat menarik bukan?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading