Sukses

Lifestyle

Filosofi kenapa jadah dan jenang jadi kue penting di acara pernikahan Jawa

Fimela.com, Jakarta Pernikahan menjadi moment yang sangat spesial buat siapapun itu. Hari pernikahan juga menjadi hari yang tak akan terlupakan di hidup seseorang. Apalagi jika pernikahan dilakukan bersama seseorang yang dicintai dengan tulus.

Bicara mengenai acara pernikahan, ada banyak hal yang menjadikan acara pernikahan di Indonesia khususnya di Jawa cukup unik namun memiliki makna mendalam. Hal tersebut salah satunya adalah adanya makanan atau kue yang wajib disajikan di acara pernikahan bahkan di acara lamaran yang dilakukan jauh sebelum menikah.

Di pernikahan Jawa, ada beberapa kue yang wajib ada di acara pernikahan karena mengandung makna mendalam. Kue tersebut adalah jadah, jenang (dodol), wajik dan lemper yang terbuat dari beras ketan. Masing-masing makanan ini memiliki makna yang begitu menarik dan mendalam.

Jadah dan jenang atau makanan lain yang terbuat dari beras ketan penting di acara pernikahan agar kedua pengantin bisa selalu bersama dan lengket seperti halnya makanan itu. Orangtua zaman dulu ingin mengingatkan kepada pengantin agar senantiasa menjaga hubungan mereka dan susah dipisahkan apapun masalah yang sedang dihadapi.

Proses pemasakan jadah, jenang atau wajik yang lama dan butuh kesabaran ekstra juga mengingatkan kepada pengantin agar senantiasa sabar, tidak mudah putus asa apalagi saling meninggalkan di kehidupan rumah tangganya nanti. Jadi, itulah alasan kenapa jadah dan jenang jadi kue penting di acara pernikahan adat Jawa.

Semoga informasi ini bermanfaat.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Resep Kue Pawa khas Makassar
Artikel Selanjutnya
Resep Kue Buroncong khas Makassar