Sukses

Lifestyle

8 Cara menikmati minuman anggur tanpa merusak gigi

Fimela.com, Jakarta Minuman anggur memang memiliki daftar panjang manfaat baik bagi kesehatan. Sayangnya, masalah umum bagi pengonsumsi minuman anggur adalah gigi.

Sebuah penelitian di New York University menemukan bahwa minuman anggur putih memiliki efek sama buruknya untuk gigi. Minuman anggur putih dapat menggelapkan noda yang ditinggalkan oleh minuman lainnya, seperti teh an kopi.

Asam dalam minuman anggur putih dapat menciptakan bintik-bintik kasar dan alur yang memungkinkan bahan kimia dalam minuman lain yang menyebabkan pewarnaan, menembus lebih daam ke gigi. Namun, jangan khawatir, dilansir dari sheknows.com, Jumat (2/11/2018), berikut ini adalah beberapa cara menikmati minuman anggur tanpa merusak gigi.

1. Sikat gigi sebelum minum anggur

Karena warna minuman anggur yang dikonsumsi akan menjadi plak di gigi. Sebaliknya sikat gigi sebelum dan sesudah mengonsumsi minuman anggur.

2. Tunggu setidaknya selama 1 jam untuk menyikat gigi setelah minum anggur

Hal ini disarankan dokter gigi karena enamel pada gigi melemah oleh keasaman yang ditemukan dalam minuman anggur, membuatnya menjadi super sensitif terhadap kekenyalan bulu sikat gigi.

3. Minum air putih

Dengan minum air putih, noda dari minuman anggur akan hilang. Air soda dipercaya lebih efektif daripada air putih.

4. Mengonsumsi keju keras

Atau pilihlah makanan berserat tinggi dan rendah asam untuk dikonsumsi bersama minuman anggur. Keju membantu air liur terus mengalir, menempel pada enamel, dan menyeimbangkan pH di mulut.

Hasilnya? Gigi akan terlindung dari asam keras dalam minuman anggur.

Camilan lainnya yang memiliki efek sama untuk mengonsumsi minuman anggur adalah kacang, buah, dan sayuran non asam, seperti bayam. Pernah coba?

 

Menggunakan kasa basah

5. Menggunakan kasa basah

Bahkan jika hanya mengonsumsi minuman anggur putih, tahan untuk tidak langsung menggosok gigi, karena dapat merusak lapisan email. Cara ini akan menjaga keseimbangan pH di mulut tetap normal.

6. Menggunakan irisan jeruk

Untuk memperbaiki warna gigi dengan cepat, gunakan sepotong jeruk nipis dan gosokkan pada gigi, serta bibir. Namun, cara ini tidak direkomendasikan untuk dilakukan terlalu sering, karena jeruk bersifat asam dan keras untuk gigi.

7. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet bebas gula selama 20 menit juga dapat mengaktifkan air liur dan membantu membersihkan noda di gigi. Selain itu, permen karet juga membantu menyegarkan napas.

8. Sikat dan floss gigi sebelum tidur

Beri waktu setidaknya satu jam setelah mengonsumsi minuman anggur untuk menyikat gigi, sehingga tidak mengganggu dan merusak email gigi. Sebenarnya, minum anggur memiliki kandungan polifenol yang bisa menghentikan pembusukan bakteri yang menempel di gigi, dengan syarat dikonsumsi mengikuti cara-cara di atas.

What's On Fimela
Loading