Sukses

Lifestyle

Cara agar sambal terasi tidak mudah basi, berikut tipsnya!

Fimela.com, Jakarta Sambal terasi memang cocok dipasangkan dengan aneka jenis hidangan dan masakan. Bahkan sambal terasi bisa membuat aneka makanan jadi terasa lebih nikmat. Wah, pokoknya kalau ada sambal terasi semuanya jadi terasa lezat.

Agar selalu bisa menikmati sambal setiap saat, yang paling pas memang membuatnya sendiri di rumah dalam stok banyak. Cuma kadang khawatir juga sambal jadi cepat basi. Tapi dengan memperhatikan beberapa hal dan mengikuti sejumlah tips, sambal terasi pun bisa lebih awet dan tidak mudah basi.

Cabai dan bawang digoreng

Cabai merah besar dan cabai rawit bisa digoreng terlebih dahulu. Begitu juga dengan bawang merah dan bawang putih yang digunakan, perlu digoreng sampai layu. Cabai dan bawang yang digunakan harus yang dalam keadaan baik, tidak ada yang busuk atau penyok.

Tambahkan sedikit gula

Gula bisa ditambahkan untuk menyeimbangkan rasa. Selain itu, gula juga bisa berfungsi sebagai pengawet alami. Jadi selain garam, kita bisa menambahkan sedikit gula untuk membuat sambal terasi awet lebih lama.

Goreng sambal sampai mengeluarkan minyak

Dengan api kecil, goreng sambal sampai mengeluarkan minyak. Sambal yang matang bisa lebih tahan lama. Setelah itu biarkan sambal sampai benar-benar dingin terlebih dahulu. Jangan langsung dimasukkan wadah bila sambal masih panas.

Simpan dalam wadah berbahan kaca yang bersih

Siapkan wadah berbahan kaca. Cuci bersih lalu keringkan. Setelah itu simpan sambal dalam wadah tersebut. Kalau ingin sambal lebih tahan lama, kita bisa menyimpannya di lemari pendingin.

Tidak terlalu susah kan untuk memastikan sambal terasi awet dan lebih tahan lama? Semoga infonya bermanfaat, ya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading